image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Klinik Eva Mulia - Perawatan Wajah - Penyebab dan Cara Menghilangkan Keloid - Keloid merupakan salah satu jenis luka yang mengganggu penampilan karena bentuknya yang tebal serta memiliki kontras warna dengan kulit disekitar-nya. Keloid bisa muncul pada bekas luka di sekiatr tubuh manapun.

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Keloid

Klinik Eva Mulia Perawatan Wajah Penyebab dan Cara Menghilangkan Keloid Keloid merupakan salah satu jenis luka yang mengganggu penampilan karena bentuknya yang tebal serta memiliki kontras warna dengan kulit disekitar-nya. Keloid bisa muncul pada bekas luka di sekiatr tubuh manapun.

Akan tetapi, biasanya terbentuk di sekitar dada, bahu dan area kepala. Keloid ini umumnya dialami oleh mereka yang memiliki kulit cenderung gelap, meski begitu bukan berarti mereka yang berkulit cerah tidak bisa mengalami masalah ini. Penyakit keloid ini juga sering muncul pada orang yang berusia di antara 10 hingga 30 tahun.

Penyebab Keloid

Penyebab keloid dikarenakan oleh berbagai luka, seperti luka bakar, luka bekas tindik, luka bekas operasi serta luka gores. Umumnya pada saat mengalami luka, jaringan parut atau fibrosa akan terbentuk di atas kulit untuk melindungi atau memperbaikinya. Namun jaringan tersebut akan terus tumbuh hingga menebal dan lebih besar dari luka.

Klinik Eva Mulia - Perawatan Wajah - Penyebab dan Cara Menghilangkan Keloid - Keloid merupakan salah satu jenis luka yang mengganggu penampilan karena bentuknya yang tebal serta memiliki kontras warna dengan kulit disekitar-nya. Keloid bisa muncul pada bekas luka di sekiatr tubuh manapun.

Para ahli juga meyakini jika keloid diturunkan secara genetik dalam keluarga. Artinya seseorang lebih berpotensi memiliki keloid saat terluka. Pada beberapa orang, keloid bahkan muncul pada luka kecil seperti jerawat serta luka suntik vaksinasi. Jika memiliki faktor keturunan, disarankan untuk tidak melakukan tindik, tato, atau melakukan prosedur operasi.

Cara Menghilangkan Keloid

Masalah kulit seperti ini tergolong jinak, akan tetapi pertumbuhan keloid yang tidak terkontrol dapat menjadi tanda keganasannya. Meski tidak berbahaya, keloid bisa terasa gatal atau menjadi iritasi, jika terna gesekan pakaian atau di garuk. Berikut adalah cara menghilangkan keloid:

  • Cryotherapy

Cara Menghilangkan Keloid ini dilakukan dengan menggunakan nitrogen cair yang akan membekukan keloid. Prosedur ini bisa mengempiskan keloid, tapi biasanya akan meninggalkan bekas luka berwarna gelap pada permukaan kulit.

  • Laser

Cara menghilangkan Keloid dengan menggunakan laser dapat meratakan dan membuat warna merahnya menjadi lebih pudar. Akan tetapi, metode ini termasuk mahal dan perlu dilakukan beberapa kali.

  • Intereferon

Cara menghilangkan keloid dengan interferon sebenarnya menggunakan protein alami yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan bakteri atau virus. Meski dapat mengempiskan keloid, sampai saat ini masih belum jelas apakah metode ini memberikan hasil permanen atau hanya sementara.

  • Radiasi

Cara menghingkan keloid dengan radiasi ini sebaiknya dijadikan pilihan terakhir. Hal ini dikarenakan kekhawatiran untuk kesehatan, karena radiasi dapat memicu pertumbuhan kanker.

  • Silikon Gel

Cara mengatasi keloid menggunakan menggunakan gel silikon yang dibalutkan pada bagian kulit yang ditumbuhi keloid. Hasilnya dapat bervariasi pada tiap penderita dan penggunaannya harus dilakukan selama beberapa bulan.

  • Suntik Fluorouracil

Cara mengatasi keloid yang satu ini dengan cara suntikan kemoterapi. Fluorouracil ini dapat disuntikan dengan streroid atau tanpa steroid.

  • Suntikan Kortikosteroid Pada Keloid

Suntikan kortisokosteroid tergolong aman, tapi cukup sakit. Suntikan ini akan diberikan pada keloid secara rutin 1 atau 2 bulan sekali hingga mengempis. Suntikan ini bisa membuat bagian keloid yang sudah mengempis menyisakan warna kemerahan karena merangsang bagian pembuluh darah di area permukaan kulit.

  • Operasi

Jika kalian memilih cara operasi, dokter akan melakukan operasi untuk memotong keloid tersebut. Cara yang satu ini memiliki resiko timbulnya keloid lain yang lebih besar pada luka operasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, dokter mengkombinasikan dengan tindakan lain, seperti radiasi atau penyuntikan steroid pada bekas luka.

Inilah informasi seputar cara mengatasi keloid yang bisa menambah kepercayaan anda. Sebaiknya lakukan konsultasi dahulu sebelum melakukannya. Untuk tips perawatan wajah lainnya, baca juga Bahan Skin Care Yang Bikin Kulit Berminyak atau Perbedaan Kulit Kering Dan Kulit Dehidrasi.

Leave a Reply