Manfaat Pepaya untuk Wajah

Cara Membuat Masker Pepaya dan Manfaat Pepaya untuk Wajah

Evamulia – Perawatan Wajah – Manfaat Pepaya untuk Wajah – Pepaya termasuk kedalam jenis buah-buahan yang kaya akan berbagai sumber vitamin. Khasiat buah ini juga tak hanya untuk kesehatan tubuh saja, melainkan berbagai manfaat pepaya untuk kecantikan. Pepaya mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Menurut hasil penelitian, pepaya merupakan jenis buah-buahan kaya akan vitamin E, A, B dan C yang diyakini dapat menjadi perawatan kulit sehari-hari. Terdapat banyak sekali manfaat untuk yang bisa kamu dapatkan dari buah pepaya. Misalnya melembapkan serta mencerahkan kulit, mengatasi mata panda, menyembuhkan jerawat hinga mengurangi kerutan pada wajah.

Selain itu, buah pepaya juga memiliki kandungan enzim preteolitik seperti enzim papain dan chymopapain yang fungsinya sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menjadikannya sebagai masker untuk wajah. Nah, berikut ini manfaat masker pepaya yang kamu dapatkan jika menggunakannya sebagai masker.

Cara Membuat Masker Pepaya

Manfaat Pepaya untuk Wajah

Melembabkan Kulit Wajah

Salah satu manfaat pepaya untuk wajah yang bisa kamu dapatkan untuk pemilik kulit kering. Hal tersebut dikarenakan kandungan enzim dalam pepaya dapat membantu merawat kulit yang kering dan mudah terkelupas dengan cara melembapkannya.

Dengan begitu, maka wajah akan menjadi tampak lembut dan terasa kenyal. Berikut ini cara membuatnya.

  • Campurkan 1 sendok makan buah pepaya yang sudah dihaluskan terlebih dahulu dengan  1 sendok teh madu.
  • Lalu oleskan pada permukaan wajah secara merata menggunakan jari tangan atau kuas bersih.
  • Setelah itu diamkan selama 30 menit, atau hingga masker menering.
  • Jika sudah kering, lalu bilas wajah dengna air dingin.

Mengatasi Lingkaran Hitam pada Bagian Bawah Mata

Kurang tidur terkadang dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam pada mata, atau biasa disebut dengan mata panda. Tentunya kondisi tersebut dapat membuat kulit seseorang tampak terlihat lebih tua, sehingga dapat menurunkan rasa percaya diri.

Buah pepaya memiliki enzim papain yang dapat membantu mencerahkan wajah, dan baik untuk mengangani mata panda yang kamu alami. Kamu bisa memanfaatkan buah pepaya untuk wajah sebagai cara untuk mengatasi mata panda dengan cara seperti berikut ini.

  • Pertama, haluskan terlebih dahulu ¼ cangkir buah pepaya hijau atau masih muda.
  • Setelah itu, oleskan masker pepaya hijau pada area bawah mata menggunakan jari-jari tangan.
  • Lalu diamkan selama 10 menit, atau hingga masker wajah mengering.
  • Jika sudah mengering, bilas wajah menggunakan air hangat.

Lakukan cara membuat masker pepaya untuk wajah diatas dengan rutin, agar mata panda yang terjadi pada area matamu cepat teratasi.

Mencerahkan Kulit Wajah

Selain untuk mengatasi mata panda, manfaat lain penggunaan buah paya adalah mencerahkan kulit wajah. Hal ini tak terlepas dari kandungan Vitamin A dan C yang terapat pada buah pepaya.

Nah, kamu bisa menjadikannya sebagai masker wajah untuk mendapatkan manfaatnya. Berikut cara membaut masker pepaya untuk wajah cerah.

  • Dalam satu mangkuk kecil, haluskan terlebih dahulu 4 potong buah pepaya, 1 sendok makan bubuk kunyit dan 1 sendok makan madu lalu aduk hingga merata.
  • Setelah itu, oleskan masker pepaya tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan menggunakna jari-jari tangan atau kuas bersih.
  • Setelah itu, diamkan selama 20-30 menit atau hingga masker wajah mengering.
  • Jika sudah mengering, lalu bilas menggunakan air hangat.

Menyembuhkan Jerawat

Manfaat pepaya untuk wajah berikutnya adalah menyembuhkan jerawat. Enzim papain dan chymopapain yang terkandung didalamnya diyakini efektif dalam mengobati jerawat yang meradang.

Selain itu, kedua enzim tersebut mampu mencegah jerawat dengan cara mengangkat sel kulit mati penyebab pori-pori kulit tersumbat. Nah, kamu bisa mendapatkan manfaat masker pepaya untuk wajah ini dengan menjadikannya masker.

  • Haluskan potongan buah pepaya terlebih dahulu.
  • Lalu bersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka.
  • Setelah itu, oleskan halusan sebagai masker dengna jari-jari tangan atau kuas bersih.
  • Jika sudah, diamkan masker selama 15-20 menit atau hingga mengering.
  • Bilas wajah menggunakan air dingin.

Mengurangi kerutan pada Wajah

Menurut sebuah penelitian, manfaat pepaya untuk wajah berasal dari kandungan antioksidan berupa likopen yang mampu melawan tanda-tanda penuaan. Hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan jika antioksidan serta vitamin E dan C mampu melawan radikal bebas, sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan tampak awet muda.

Manfaat buah pepaya untuk wajah juga dapat memperbaiki elastisitas kulit, sehingga mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan. Tetapi, manfaat tersebut dilakukan pada uji coba hewan tikuus.

Nah, kamu bisa menggunakan pepaya sebagai salahs atu cara mengurangi kerutan pada wajah dengan cara menggosokan kulit pepaya pada permukaan wajah dan leher. Lalu diamkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air dingin.

Mengobati Melasma dan Pigmentasi

Melasma merupakan salah satu hiperpigmentasi kulit yang disebabkan oleh perubahan hormon. Jika kamu mengalami masalah bekas jerawat, hingga pigmentasi maka menggunakan masker pepaya untuk wajah bisa menjadi pilihan alternatif yang bisa kamu coba.

Manfaat buah pepaya untuk wajah juga berasal dari kandungan bahan alami yang sifatnya mencerahkan guna membantu menghilangkan noda bekas jerawat dan pigmentasi. Selain itu, enzim, beta karoten, serta berbagai vitamin yang terkandung pada buah pepaya dan phytochemical pada buah pepaya juga bisa membantu meratakan warna kulit wajah.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi pigmentasi menggunkaan jus pepaya.

  • Basahi kapas atau bola kapas kedalam 1 sendok makan jus pepaya.
  • Setelah itu, oleskan pada area kulit wajah yang memiliki noda bekas jerawat atau pigmentasi.
  • Lalu diamkan selama 15 menit atau hingga mengering.
  • Kemudian, bilas wajah menggunakan air dingin.

Tips Mendapatkan Manfaat Makser Pepaya yang Aman untuk Wajah

Meskipun terdapat berbagai manfaat pepaya untuk wajah, tetapi perlu diketahui jika manfaat masker pepaya untuk wajah belum tentu efektif untuk semua jenis kulit. Jiak kamu memiliki kulit normal atau tidak memiliki masalah berarti pada wajah, sah-sah saja untuk merasakan manfaat dari penggunaan masker pepaya untuk wajah ini.

Tetapi, berbeda bagi orang-orang dengna jenis wajah atau kondisi kulit tertentu, terutama bagi orang yang memiliki reaksi alergi tertentu.

Jadi, untuk mengetahui apakan kulitmu cocok menggunakan masker pepaya maka lakukan beberapa cara berikut ini.

  • Oleskan sedikit masker pepaya terlebih daulu pada area kulit lengan bawah.
  • Tunggi selama 24-48 jam untuk mengetahui reaksinya apda kulit.
  • Jika kulit tidak mengalami reaksi alergi seperti iritasi, kemerahan, bengkak atau tanda-tanda alergi kulit lainnya. Maka kamu boleh menggunakan masker pepaya untuk wajah.
  • Sebaliknya, jika muncul reaksi alergi maka berhentilah menggunakan masker pepaya untuk wajah. Lalu, segera bilas wajah menggunakan air bersih.

Selain dari buah pepayanya secara langsung yang bisa dijadikan sebagai masker alami. Kamu juga bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak pepaya, seperti sabun pepaya.

Efek Samping Penggunaan Maske Pepaya

Meskipun memiliki beragam manfaat untuk wajah, penggunaannya munkin belum tentu aman bagi semua jenis kulit wajah. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pada beberapa orang yang memiliki kondisi kulit tertentu, seperti kulit sensitif, penggunaan masker pepaya untuk wajah bisa membuat kulit mengalami alergi sebagai salah satu efek sampingnya. Reaksi alergi yang ditimbulkan bisa membuat kulit kemerahan serta terasa gatal.

Pada kasus yang sangat jarang terjadi, reaksi alergi bisa saja membuat kulit terasa gatal dan sensai rasa terbakar pada bibir, mulut telinga dan tenggorokan hingga wajah membengkak. Selain itu, selalu berhati-hatilah sebelum menggunakan masker produk apapun pada wajah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *