image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva mulia - Klinik Kecantikan - Tips Perawatan Wajah - Cara Cepat Menghilangkan Jerawat - Banyak orang yang ingin menghilangkan jerawat untuk memperbaiki penampilan.Itulah sebabnya banyak orang mencoba berbagai macam cara untuk menghilangkan jerawat. Akan tetapi, jerawat tidak boleh dihilangkan secara sembarangan.

Cara Cepat Menghilangkan Jerawat

Eva mulia Klinik Kecantikan – Tips Perawatan Wajah – Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Banyak orang yang ingin menghilangkan jerawat untuk memperbaiki penampilan.Itulah sebabnya banyak orang mencoba berbagai macam cara untuk menghilangkan jerawat. Akan tetapi, jerawat tidak boleh dihilangkan secara sembarangan.

Jerawat sebenarnya berasal dari pengeluaran sebum atau minyak dari kelenjar di kulit secara alami. Hanya saja keti terjadi perubahan hormon yang memicu produksi sebum berlebihan dapat menyumbat pori-pori pada kulit. Sumbatan yang bercampur dengan sel kulit mati tersebut akan membentuk komedo dan ditambah bakteri makan akan menjadi jerawat.

Pengobatan Untuk Menghilangkan Jerawat

Eva mulia - Klinik Kecantikan - Tips Perawatan Wajah - Cara Cepat Menghilangkan Jerawat - Banyak orang yang ingin menghilangkan jerawat untuk memperbaiki penampilan.Itulah sebabnya banyak orang mencoba berbagai macam cara untuk menghilangkan jerawat. Akan tetapi, jerawat tidak boleh dihilangkan secara sembarangan.

Untuk Menghilangkan jerawat, pengobatan dengan mengurangi produksi minyak di kulit, menghambat pertumbuhan bakteri, serta membantu membuka sumbatan sel kulit mati pada pori-pori menjadi solusinya. Terdapat beberapa jenis pengobatan untuk menghilangkan jerawat, seperti:

Penggunaan Obat Dokter

Cara menghilangkan jerawat dengan memakai obat antibiotik. Obat ini akan mengatasi bakteri penyebab jerawat sekaligus mengurangi peradangan. Antibiotik untuk jerawat bisa berupa obat oles yang dioleskan langsung pada kulit atau dalam bentuk diminum. Namun, antibiotik topikal akan bekerja lebih efektif jika digunakan bersama dengan benzoil peroksida, karena dapat mengurangi risiko terjadinya kekebalan kuman terhadap antibiotik.

Tidak hanya obat antibiotik saja, retinoid kerap digunakan untuk mengobati jerawat, baik dalam bentuk oles maupun minum. Retinoid dapat membantu mengatasi jerawat tingkat sedang hingga parah, dengan cara merangsang perkembangan sel kulit baru dan pengelupasan sel kulit mati. Penggunaan retinoid dapat digabung dengan benzoil peroksida dan antibiotik.

Efek samping yang mungkin terjadi dari pemakaian retinoid yaitu kulit kering atau gatal, serta kemerahan. Obat ini tidak boleh dipakai oleh ibu hamil dan menyusui.

Penggunaan Obat Produksi Bebas

Cara menghilangkan jerawat dengan produk bebas di antaranya adalah membersihkan wajah dengan sabun atau produk pembersih eksklusif yang umumnya berisi asam salisilat, asam glikolat, benzoil peroksida, atau sulfur. Produk perawatan wajah yang mengandung benzoil peroksida akan membantu mengatasi bakteri penyebab jerawat, asam salisilat akan membantu pengelupasan sel kulit. Produk-produk ini ditemukan dalam bentuk krim, losion dan gel.

Bahan-bahan lain yang ada dalam produk bebas untuk mengobati jerawat adalah alkohol dan aseton. Alkohol bermanfaat sebagai antibakteri, sedangkan aseton bisa menghilangkan minyak dari permukaan kulit. Meski demikian, banyak dokter yang tidak merekomendasikan kedua bahan ini, sebab kurang efektif mengatasi jerawat dan dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Terdapat pula produk bebas yang mengandung tea tree oil yang mempunyai efek antiseptik. Bahan ini diyakini mampu meredakan peradangan pada jerawat dan mengatasi masalah jerawat.

Perawatan Pendukung Menghilangkan Jerawat

  • Kurangi membasuh wajah yang berjerawat tidak lebih dari dua kali per hari, karena dapat menyebabkan iritasi. Gunakan air hangat dan sabun berbahan lembut saat mencuci wajah.
  • Jangan pernah memencet jerawat, termasuk komedo. Tindakan tersebut akan memperburuk keadaan serta meninggalkan bekas.
  • Pilih produk kosmetik berbahan dasar air, dan berlabel non-comedogenic.
  • Hindari penggunaan kosmetik atau makeup terlampau tebal. Serta jangan lupa mencuci kosmetik dari wajah sampai benar-benar bersih, sebelum tidur.
  • Untuk menjaga kelembapan kulit, gunakan pelembap berbahan dasar air tanpa ekstra pewangi.
  • Selain itu, jaga kebersihan rambut dan cegahlah helai rambut jatuh ke wajah.
  • Segera mandi sesudah melakukan aktivitas/kegiatan yang membuat Anda berkeringat, seperti berolahraga.

Baca juga seputar perawatan kecantikan seperti Masker Lidah Buaya atau Pembahasan Flek Hitam.

Leave a Reply