Merawat Kulit Anda di Siang Hari: Pakai Sunscreen Atau Day Cream Dulu?

Eva Mulia Clinic – Pakai Sunscreen Atau Day Cream Dulu? – Tentunya, kamu sudah mengetahui pentingnya penggunaan Sunscreen dan krim siang dalam rutinitas skincare perawatan kulit. Pakai sunscreen atau day cream dulu? Pertanyaan ini masih sering terdengar, meski tak sedikit yang memahami kegunaan masing-masing produk.

Merasa bingung dengan urutan penggunaan sunscreen dan day cream yang benar, jika terus salah dapat mempengaruhi efektivitas dan hasil perawatan kulit yang Anda gunakan. Untuk menjawab kebingungan Anda, simak informasi di bawah ini mengenai urutan penggunaan sunscreen dan day cream yang benar serta produk mana yang harus digunakan terlebih dahulu.

Banner Triple Promo, Produk Eva Mulia, Skincare Eva Mulia

Apa itu day cream?

Merawat Kulit Anda di Siang Hari: Pakai Sunscreen Atau Day Cream Dulu?

Day cream merupakan produk perawatan kulit yang digunakan pada pagi dan malam hari untuk melembabkan kulit. Day cream berfungsi menjaga kadar air di kulit dan membuat kulit lebih lembut dan halus. Jika kulit terhidrasi dengan baik, tentunya akan terhindar dari iritasi kulit atau masalah kulit lainnya.

Selain dapat menghidrasi kulit, penggunaan krim siang juga dapat mengurangi garis halus dan kerutan. Beberapa krim siang mengandung bahan aktif yang dapat membantu menghilangkan komedo dari kulit, seperti bahan aktif antioksidan, anti inflamasi, dan anti UV.

Day cream dengan tekstur water-whipped ini sangat ringan, tidak lengket, mudah diserap dan cocok untuk semua jenis kulit, membuat kulit Anda tampak lebih halus. Kandungan ekstrak edelweiss sebagai antioksidan tinggi, leontopodic acid, peptide dan hyaluronic acid dapat memperkuat skin barrier. Oleh karena itu, tidak hanya menjadikan kulit lebih lembut, tetapi juga lebih kuat melindungi dari paparan sinar matahari dan radikal bebas.

Sunscreen

Urutan penggunaan Sunscreen dan krim siang sebenarnya tergantung dari jenis Sunscreen yang Anda gunakan. Sunscreen terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

Sunscreen kimiawi merupakan produk pelindung kulit yang mengandung bahan kimia. Jenis sunscreen ini umumnya memiliki tekstur krim yang lebih encer, ringan, dan mudah dioleskan ke seluruh wajah. Tujuan utama sunscreen kimiawi adalah untuk melindungi kulit dari sinar matahari, terutama sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak kulit.

Sunscreen kimiawi mengandung beberapa senyawa kimia seperti oxybenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate, dan octinoxate. Senyawa-senyawa ini bekerja dengan menembus kulit dan menyerap sinar UV sebelum mencapai dan merusak lapisan kulit yang lebih dalam. Mereka bertindak sebagai penyerap sinar UV, mengubah energi UV menjadi energi panas, dan mencegah sinar UV merusak sel-sel kulit.

Penggunaan sunscreen kimiawi cukup populer karena formulanya yang ringan dan mudah digunakan. Krim yang tipis memungkinkan sunscreen menyebar dengan lebih merata di kulit, dan beberapa produk juga dapat digunakan sebagai dasar makeup. Selain itu, sunscreen kimiawi juga cenderung lebih tahan lama dan tidak mudah hilang ketika terkena keringat atau air.

Namun, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap bahan kimia tertentu. Beberapa orang mungkin mengalami iritasi atau reaksi alergi terhadap beberapa senyawa yang terdapat dalam sunscreen kimiawi. Oleh karena itu, penting untuk menguji produk baru pada sebagian kecil kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya secara luas.

Selain itu, ada juga jenis sunscreen lain yang dikenal sebagai sunscreen fisik atau mineral. Sunscreen mineral menggunakan bahan-bahan seperti titanium dioksida atau seng oksida untuk melindungi kulit dengan cara memantulkan sinar UV. Jenis sunscreen ini cenderung lebih cocok untuk kulit sensitif atau rentan iritasi karena lebih sedikit mengandung bahan kimia.

Banner Triple Promo, Produk Eva Mulia, Skincare Eva Mulia

Pemilihan antara sunscreen kimiawi dan fisik tergantung pada preferensi individu, jenis kulit, dan kebutuhan perlindungan kulit. Konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli kecantikan untuk menentukan jenis sunscreen yang paling sesuai untuk Anda. Selalu penting untuk melindungi kulit dari sinar UV dengan menggunakan sunscreen, terlepas dari jenisnya, serta mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk.

Benar, jika Anda menggunakan sunscreen kimiawi sebelum beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya aplikasikan 20-30 menit sebelumnya. Hal ini penting untuk memberikan waktu bagi sunscreen untuk menyerap ke dalam kulit dan memberikan perlindungan yang efektif.

Proses penyerapan ini memungkinkan bahan kimia dalam sunscreen kimiawi untuk bekerja dan menembus lapisan kulit, sehingga dapat melindungi kulit dari sinar UV. Dengan memberikan jeda waktu sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari, Anda memastikan bahwa sunscreen sudah sepenuhnya terserap dan siap melindungi kulit Anda.

Selain itu, penting juga untuk mengulang penggunaan sunscreen setelah beberapa waktu terpapar sinar matahari secara langsung, terutama jika Anda berkeringat atau berenang. Reaplikasi sunscreen secara teratur (biasanya setiap 2 jam sekali) akan membantu mempertahankan perlindungan kulit yang efektif.

Ingatlah untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk sunscreen yang Anda gunakan. Setiap sunscreen kimiawi mungkin memiliki rekomendasi penggunaan yang sedikit berbeda, jadi pastikan Anda membaca dan mengikuti instruksinya dengan teliti.

Selalu penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari, terlepas dari jenis sunscreen yang Anda pilih. Selain menggunakan sunscreen, Anda juga bisa mengambil langkah-langkah perlindungan tambahan seperti mengenakan pakaian pelindung, topi, dan menghindari paparan sinar matahari langsung pada puncak intensitasnya.

Physical sunscreen

Sunscreen fisik atau biasa dikenal dengan Sunscreen mineral merupakan Sunscreen yang bekerja dengan cara memantulkan dan menghalangi sinar UV agar tidak masuk ke dalam lapisan kulit. Sunscreen fisik mengandung titanium dioksida atau seng oksida (zinc oxide). Berbeda dengan Sunscreen kimiawi, Sunscreen fisik bekerja pada lapisan permukaan kulit dan tidak terserap ke dalam kulit.

Kandungan titanium dioksida atau seng oksida di dalamnya membuat konsistensi krim lebih kental dengan warna putih keruh, meninggalkan efek white cast setelahnya. Setelah mengoleskan Sunscreen fisik, Anda bisa langsung beraktivitas di luar ruangan, karena Sunscreen ini bisa langsung bekerja melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Jadi Baiknya Pakai Sunscreen Atau Day Cream Dulu?

Secara umum, sunscreen harus digunakan sebelum menggunakan day cream. Sunscreen digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, seperti penuaan dini, kerusakan DNA, dan kanker kulit. Day cream digunakan untuk menjaga kelembaban kulit dan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit.

Itu sebabnya, untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda, disarankan untuk menggunakan sunscreen sebagai lapisan pertama sebelum menggunakan day cream. Namun, beberapa produk sudah mengandung SPF (Sun Protection Factor) sebagai komponen, jadi tidak perlu lagi menambahkan sunscreen. Namun tetap disarankan untuk mengecek kandungan yang ada pada produk yang digunakan.

Sebaliknya, jika Anda memilih menggunakan physical sunscreen yang bekerja di permukaan kulit dan melindungi kulit dengan memantulkan sinar UV, oleskan day cream terlebih dahulu, baru gunakan physical sunscreen.

Yuk, lindungi kulit Anda dengan menggunakan Eva Mulia Advance SUN Protector SPF 50 PA++! Sunscreen ini merupakan pilihan yang tepat untuk melindungi kulit dari sinar matahari UVA/UVB yang berbahaya. Dengan kandungan SPF 50 PA++ dan vitamin E, Eva Mulia Advance SUN Protector mampu memberikan perlindungan maksimal dan mencegah terjadinya kanker kulit.

Namun, perlu diingat, jangan lupa untuk menggunakan produk ini dengan benar. Jangan gunakan di sekitar mata, mulut, atau membran mukosa lainnya. Jika Anda mengalami reaksi hipersensitif atau rasa terbakar, segera hentikan pemakaian. Selain itu, jangan terlalu lama terpapar sinar matahari, meskipun Anda telah menggunakan tabir surya.

Jaga kesehatan kulit Anda dan ciptakan kebiasaan yang baik dengan menggunakan Eva Mulia Advance SUN Protector SPF 50 PA++. Melindungi kulit Anda adalah langkah penting dalam merawat kecantikan dan kesehatan kulit Anda. Dapatkan produk ini sekarang dan nikmati manfaat perlindungan yang optimal untuk kulit Anda!