Bagaimana cara mengatasi kulit kering secara alami?

Eva Mulia Clinic – Cara mengatasi kulit kering – Memiliki kulit wajah yang mulus dan berseri merupakan tolak ukur seorang wanita yang dikatakan cantik. Wajah yang terlihat segar akan melembutkan kesan pada pemiliknya, apalagi jika seorang wanita memiliki aktivitas yang mengharuskannya bertemu banyak orang. Penampilan prima yang ditunjang dengan wajah yang cerah menjadi sesuatu yang wajib, karena memberikan kesan pemiliknya memperhatikan kebersihan diri. Wajah cerah merupakan salah satu cara untuk menjaga penampilan seorang wanita.

Lain halnya jika seorang wanita memiliki masalah kulit wajah yang kusam. Penampilan akan terlihat membosankan secara keseluruhan, terlepas dari pilihan pakaian dan riasan lainnya, karena wajah adalah hal pertama yang diperhatikan orang lain saat melihat kita. Kulit wajah yang kusam biasanya disebabkan oleh kulit yang kering. Ini terjadi karena kelenjar sebaceous di kulit tidak menghasilkan cukup minyak untuk membuatnya tetap lembab.

Ciri-ciri kulit kering

  • Jika kondisi kulit kering hanya terjadi sesekali, misalnya saat cuaca berubah, belum tentu kulit kita kering. Untuk mengetahui jenis kulit Anda kering atau tidak, berikut ciri-cirinya:
  • Kulit akan selalu terlihat kusam dan bersisik.
  • Pori-pori wajah hampir tidak terlihat karena sangat kecil.
  • Jika diperhatikan dengan seksama, terdapat banyak garis halus atau kerutan yang sangat halus atau garis putih seperti retakan pada kulit.
  • karena masih teriritasi, kulit terus gatal.
  • Kulit masih terlihat setiap kali setelah mencuci muka.
  • Wajah tampak terlihat atau mengalaminya.
  • Penyebab kulit kering

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami?

cara mengtasi kulit kering

Jika Anda sudah mengetahui dari ciri-ciri tersebut apakah kulit Anda kering atau tidak, langkah selanjutnya adalah mencari penyebabnya. Kulit kering dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

Keturunan

Faktor keturunan atau genetik paling mungkin menyebabkan seseorang memiliki tipe kulit kering, karena pada umumnya tipe kulit kering adalah bawaan dan juga bawaan.

Sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapan alaminya. Panas terik akan membuat kulit kering dan kusam.

Kosmetik yang tidak cocok

Harus hati-hati dalam memilih kosmetik karena ada bahan kosmetik yang berbahaya, misalnya bahaya paraben dalam kosmetik. Bahan-bahan berbahaya ini dapat merusak kulit wajah, seperti iritasi, kusam, noda atau meradang. Perlu diingat juga bahwa ada bahan pemutih yang berbahaya yang harus diwaspadai saat menggunakan krim pencerah kulit, tidak semua krim pencerah kulit terdaftar di Badan Kosmetika – Obat (BPOM).

Baca Juga:  Mengenal Jerawat Hormonal, dari Penyebab hingga Cara Mengatasinya

Perlakuan

Kulit juga bisa menjadi kering selama masa pengobatan karena pengaruh obat yang kita minum. Seperti diketahui, obat-obatan kimia pasti mempengaruhi kondisi tubuh kita, dan sedikit banyak juga akan mempengaruhi kondisi kulit.

Gaya Hidup Yang Buruk

Kebiasaan tidur larut malam yang buruk, merokok, alkohol, stres dan pola makan yang tidak teratur akan mempengaruhi kondisi kulit dari waktu ke waktu. Wajah akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya karena kondisi kulit yang buruk.

Radikal bebas

Jika tubuh sering terkena polusi seperti debu, asap kendaraan, asap sisa pembakaran dan lain-lain, tubuh akan mudah menghasilkan radikal bebas yang akan membuat kulit menjadi kering dan kusam. Untuk menghindarinya, kita harus melawan radikal bebas dengan masker wajah alami yang mengandung antioksidan seperti manfaat kentang untuk kulit wajah dan manfaat kiwi untuk kulit wajah.

Hormonal

Kondisi hormonal yang tidak seimbang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Selain jerawat dan kulit, kadar hormon dalam tubuh juga bisa menyebabkan kulit kering. Hal-hal yang dapat mempengaruhinya antara lain pubertas, kehamilan, penggunaan alat kontrasepsi, dan menstruasi.

Wajah kering bisa diatasi dengan menerapkan beberapa cara merawat kulit agar tidak terlihat kusam yang terbagi menjadi perawatan yang bisa dilakukan setiap hari dan perawatan rutin berupa masker wajah berbahan dasar alami.

Perawatan harian

Jenis perawatan ini dapat dilakukan setiap hari, sesuai dengan kebiasaan yang terkait dengan rutinitas kehidupan sehari-hari. Berikut cara mudah merawat kulit wajah kering:

1. Oleskan pelembab

pilihan untuk kulit kering dan kusam yang memiliki formula khusus untuk kondisi kulit tersebut. Carilah formula paling ringan yang tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia. Pertama, kita mencari informasi tentang produk yang ingin kita gunakan untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, misalnya merusak kulit wajah.

2. Makanan sehat

Mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin dapat mengembalikan kelembapan alami kulit, karena buah dan sayur yang dikandungnya merupakan cairan yang bergizi dan nutrisi yang sangat baik untuk kulit. misalnya anggur, brokoli, beras merah, alpukat, berbagai kacang-kacangan dan biji-bijian, berry dan lain-lain.

3. Gunakan sabun wajah

Jangan gunakan sabun mandi untuk mencuci muka, karena akan membuat kulit wajah Anda semakin kusam. Sabun mandi memiliki kadar PH yang tidak cocok untuk kulit wajah. Gunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk wajah atau wajah agar kulit pada wajah tidak menjadi kusam.

Baca Juga:  Pilih AHA atau BHA untuk Eksfoliasi Kulit Wajah?

4. Scrub wajah

Ketika Anda mengeluh tentang wajah Anda, jangan menggosok wajah Anda terlalu keras. Jika gerakan tangan saat menggosok wajah terlalu kasar, bisa menyebabkan iritasi kulit wajah. Cukup dengan mengeringkan wajah dengan handuk, dan pilih handuk yang lembut.

5. Oleskan krim malam

Pada malam hari, kulit beregenerasi untuk mengaktifkan sel-sel kulit mati, karena inilah yang digunakan untuk membantu proses regenerasi sangat dianjurkan. Saat ini sudah banyak produsen kosmetik yang juga memproduksi produk krim malam yang baik untuk perawatan wajah, sehingga tidak akan sulit untuk menemukannya di pasaran. Ingatlah untuk memeriksa hasil penjualan terlebih dahulu apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak, atau ke ahli kecantikan. Salah satunya adalah efektivitas Olay Total Effect Night Cream. Gunakan juga krim untuk menghilangkan kantung di bawah mata.

6. Cuci muka dengan air dingin

Cobalah untuk terlalu sering merendam wajah dengan air panas, karena air panas dapat menghilangkan kelembapan alami kulit. Untuk kulit kering, ini berarti udara panas hanya akan memperburuk keadaan. Manfaat air hangat untuk wajah hanya bisa diaplikasikan misalnya saat akan membersihkan, membersihkan dan merawat wajah yang sudah disiapkan.

7. Air

Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh menjadi salah satu penyebab kulit wajah juga menjadi kusam. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak yang dibutuhkan tubuh kita. Jangan sampai kehabisan air dan minuman atau botol yang lebih manis, karena ini akan memperbaiki kondisi kulit.

8. Olahraga

Aktivitas yang membantu tubuh banyak bergerak dan mengeluarkan keringat adalah berolahraga. Pergerakan tubuh akan beredar ke seluruh peredaran darah yang artinya kesehatan kulit akan tetap terjaga, karena peredaran darah berada di bawah tubuh. Manfaat olahraga untuk kecantikan sangat baik, jadi cobalah untuk berolahraga meskipun hanya sedikit setiap hari.

Perawatan  dengan Masker Wajah

Banyak buah-buahan yang membantu dalam merawat wajah kering karena mengandung nutrisi dan nutrisi yang baik untuk kulit wajah. Beberapa buah dan sayuran tersebut adalah:

1. Tomat

Manfaat tomat untuk wajah sangat baik untuk merawat kulit wajah yang kering. Penggunaannya sangat sederhana, yaitu:

  • Cuci bersih tomat yang masih segar secukupnya.
  • Hancurkan tomat hingga halus, lalu oleskan secara merata pada wajah.
  • Sekitar 30 menit atau sampai agak kering, lalu bilas sampai bersih.
  • Tomat kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk regenerasi kulit. Selain manfaat tomat untuk kulit, ada juga manfaat tomat untuk alis yang bisa merawat alis agar lebih tebal dan indah.
Baca Juga:  Ini Treatment Kecantikan untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

2. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki sifat melembapkan. Manfaat kulit selain hidrasi adalah peremajaan kulit, menghaluskan dan mencerahkan serta cara alami merawat kulit wajah yang keriput. Cara menggunakannya adalah:

  • Ambil buah alpukat yang sudah matang, cuci bersih.
  • Kerok daging buahnya dan tumbuk hingga halus.
  • Gunakan di seluruh wajah, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes madu.
  • Setelah didiamkan beberapa saat hingga hampir kering, bersihkan wajah secara menyeluruh.
  • Jika dilakukan secara rutin, masker alpukat akan membuat wajah menjadi kenyal, cerah dan tidak kusam, bahkan wajah akan terlihat lebih putih dan bersih.

3. Wortel

Sayuran berwarna oranye ini memiliki manfaat yang baik untuk mata. Manfaat wortel untuk kulit juga tidak kalah bagusnya, yaitu dapat mencerahkan, melembapkan, melembapkan, menghilangkan noda pada kulit wajah dan lain-lain. Cara menggunakannya adalah:

  • Bahannya adalah wortel berukuran sedang atau dua potong kecil dan madu.
  • Cuci wortel dan rebus sampai empuk, lalu haluskan hingga menjadi pasta. tambahkan madu secukupnya dan aduk rata.
  • Oleskan campuran ini ke wajah Anda selama sekitar 15 menit atau sampai mengering, lalu bilas hingga bersih.
  • Wortel juga bisa menjadi cara menghilangkan kutil secara alami. Sayuran ini banyak mengandung vitamin A yang dikenal sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, wortel dapat menjadi anti inflamasi atau anti inflamasi untuk kulit yang teriritasi dan dapat mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

4. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit wajah adalah untuk merawat kulit wajah yang kering dan mempersiapkannya. Plus, lidah buaya bisa menjadi cara alami untuk melihat rambut bagi wanita yang ingin melihat lurus ke depan. Cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Bersihkan lidah buaya dan potong-potong.
  • Ambil gelnya dan gosokkan pada wajah seperti masker wajah, diamkan hingga hampir mengering.
  • Jika agak kering, bilas wajah hingga bersih.
  • Untuk perawatan rambut, lidah buaya bisa menjadi salah satu cara merawat rambut agar tidak tumbuh.

Kulit kering yang terjadi di bawah pengaruh beberapa faktor dapat kembali normal jika dilakukan perawatan khusus ini, namun jika Anda memiliki kulit kering secara genetik, perawatan ini tidak dapat dihentikan begitu saja, tetapi harus dilanjutkan agar kondisi kulit Anda menjadi kering dan kusam lagi.

Leave a Reply