Bagaimana Cara Memakai Retinol? Apa Aturan Pakai Retinol?

Retinol – Sebagai skincare enthusiast, Anda tahu bahwa banyak kandungan dalam produk perawatan wajah yang bermanfaat bagi kulit. Salah satunya adalah bahan retinol. Retinol menjadi favorit banyak orang karena bisa melawan penuaan dini. Sebelum mencobanya, simak dulu aturan pakai retinol skincare yang perlu kamu ketahui sebelum mencobanya!

Aturan Pemakaian Retinol Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mencobanya

Retinol adalah bahan perawatan kulit yang cukup agresif, untuk ini Anda perlu mengetahui dengan jelas aturan yang benar untuk penggunaannya. Fungsinya, kapan harus dipakai dan boleh dicampur dengan bahan skincare lain atau tidak?

Masalahnya, jika tidak, bukan hanya tidak akan bekerja efektif, tetapi penggunaan retinol yang salah justru bisa mengiritasi kulit. Untuk itu, simak dulu aturan pakai retinol yang harus Anda ketahui sebelum mencobanya.

Apa itu Retinol?

Retinol merupakan turunan dari senyawa retinoid dengan potensi paling kecil dan juga paling aman, sehingga banyak terdapat dalam bahan perawatan kulit. Senyawa yang juga merupakan turunan dari vitamin A ini akan memiliki cara kerja untuk merangsang pembaharuan sel pada kulit.

Selain itu, retinol juga dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Sementara itu, retin-A atau tretinoin, juga dikenal sebagai asam retinoat, merupakan zat yang lebih keras daripada retinol. Jadi berhati-hatilah, ya!

Apa manfaat dan fungsi retinol?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, retinol sangat membantu dalam meregenerasi sel kulit mati sekaligus meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Oleh karena itu, Anda akan sering melihat bahan ini dalam perawatan kulit anti-penuaan.

Orang yang cocok dengan kandungan retinol dapat merasakan kulit menjadi lebih halus, garis halus dan kerutan berkurang, komedo memudar perlahan. Tidak hanya baik untuk melawan penuaan dini, retinol juga memiliki manfaat lain seperti melawan jerawat, mengontrol produksi minyak berlebih, dan memperbaiki warna kulit.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Jerawat Hormonal dengan Mudah

Dosis retinol yang tepat untuk kulit

Biasanya setiap produk skin care sudah mengandung bahan-bahan dalam dosis yang tepat untuk kulit wajah. Namun, tidak ada salahnya mengetahui berapa banyak retinol yang dibutuhkan kulit Anda.

Dalam suatu produk, dosis retinol memiliki konsentrasi sekitar 0,1% hingga 1%. Dosisnya bisa disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing. Mungkin saja, jika kulit mengalami masalah penuaan yang serius, maka diperlukan dosis retinol sekitar 2%. Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Kapan waktu untuk menggunakan retinol?

Meski manfaat utama retinol adalah untuk melawan penuaan dini, Anda tidak perlu menunggu hingga muncul kerutan di wajah sebelum menggunakannya. Sejak usia 25 tahun, Anda sudah boleh menggunakannya secara rutin demi menjaga kesehatan kulit.

Retinol adalah salah satu bahan aktifnya, itulah sebabnya kebanyakan orang menggunakannya di malam hari. Memang pada malam hari, proses regenerasi kulit lebih maksimal. Boleh saja jika ingin menggunakannya di pagi hari, namun hindari paparan sinar matahari langsung dan wajib menggunakan tabir surya. Namun, saran terbaik adalah hanya melakukannya di malam hari.

Apakah Retinol Boleh dipadukan dengan AHA dan BHA?

Tidak jarang Anda menggunakan produk perawatan kulit tertentu secara bertahap. Sama dengan retinol, apakah bisa digunakan dengan produk lain?

Hal ini bisa dilakukan jika Anda sudah mengetahui jenis kulit Anda. Misalnya seperti AHA dan BHA yang juga berfungsi untuk mengelupaskan sel kulit mati, namun hanya di bagian luar kulit saja.

Sedangkan retinol yang Anda gunakan selanjutnya bekerja pada lapisan kulit yang lebih dalam. Anda juga bisa mencampurkan kandungan retinol dengan asam hialuronat agar kulit lebih lembap dan mencegah kulit menjadi lebih kering.

Baca Juga:  5 Faktor Penyebab Jerawat Tidak Kunjung Sembuh

Retinol juga cocok dengan vitamin C

Tak hanya AHA dan BHA, Retinol juga bisa kamu kombinasikan dengan Vitamin C. Studi menunjukkan bahwa kedua bahan ini efektif melindungi kulit sebagai antioksidan. Selain itu, turunan vitamin A ini jika dipadukan dengan vitamin C dipercaya dapat memberikan hasil yang optimal dan membuat kulit lebih stabil.

Berapa lama perubahan pada kulit akan terlihat?

Menjadi salah satu bahan aktif terbaik, bukan berarti Anda akan langsung melihat perubahan pada kulit. Sama seperti bahan lainnya, butuh waktu untuk melihat hasil maksimal dari penggunaan retinol.

Setidaknya butuh waktu sekitar 2-3 bulan untuk mendapatkan manfaatnya. Yang terpenting adalah Anda selalu merawat kulit dan mengisi kembali nutrisi kulit dengan produk yang tepat.

Jenis kulit sensitif sebaiknya menghindari retinol

Kandungan retinol sebenarnya bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Namun, tentunya dosisnya juga harus disesuaikan dengan daya tahan kulit. Biasanya pemilik kulit sensitif lebih memperhatikan produk perawatan yang akan digunakan.

Jika kulit Anda terlalu sensitif, penggunaan retinol bisa merepotkan karena efeknya membuat kulit semakin kering. Bahkan, untuk beberapa jenis kulit, bisa membuat kulit terlihat kemerahan. Oleh karena itu, pemilik kulit sensitif, cobalah berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Risiko dan efek samping memakai retinol

Sudah disebutkan di atas bahwa akan ada efek kulit lebih kering pada kulit sensitif. Selain itu, beberapa efek samping lain dapat terjadi saat menggunakan retinol.

Sifatnya ringan, efek yang mungkin terjadi pada kulit adalah iritasi, kemerahan dan kulit yang terlalu kering. Semakin tinggi dosis retinol, semakin besar efek sampingnya.

Ada baiknya sebelum dan sesudah menggunakan retinol untuk mengaplikasikan produk yang dapat melembapkan kulit untuk meminimalisir efek samping. Biasanya setelah 2-3 minggu pemakaian rutin, kulit akan lebih mudah beradaptasi.

Baca Juga:  5 Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Gunakan pada malam hari dan pakai sunscreen di pagi harinya

Retinol bekerja aktif di malam hari untuk ini, gunakan retinol di malam hari. Lalu, di pagi hari jangan lupa gunakan tabir surya karena kulit wajah bisa lebih sensitif saat terpapar sinar matahari. Selain itu, manfaat retinol juga bisa hilang jika Anda tidak melindungi kulit dengan tabir surya.