image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

eva mulia clinic - Azelaic Acid adalah

Azelaic Acid: Penjelasan, Manfaat, Efek Samping

eva mulia – Siapa disini yang tidak merasa terganggu dengan munculnya jerawat? Pasti hampir semua orang baik wanita maupun pria akan merasa terganggu dengan munculnya jerawat.

Saat ini ada banyak pengobatan atau terapi untuk mengatasi masalah jerawat. Jika membahas mengenai jerawat, kandungan yang dipercaya ampuh melawannya yaitu salicylic acid, benzoyl peroxide, tea tree oil, atau sulfur. 

Namun, pernahkah Anda sebelumnya mendengar nama Azelaic Acid? Obat ini termasuk ke dalam  kandungan yang digunakan untuk eksfoliasi, ternyata Azelaic Acid juga menyimpan manfaat untuk kulit berjerawat. Berikut simak penjelasan lebih lanjut mengenai Azelaic acid.

Apa Itu Azelaic Acid?

Alpha hydroxy, hyaluronic, salicylic, glycolic, menunjukan
bahwa kandungan acid adalah satu keluarga dalam merawat kulit. Selain itu, ada juga kandungan Azelaic Acid. Azelaic Acid merupakan asam yang terbuat secara alami dari barley dan biji gandum. Mempunyai sifat anti-bakteri, anti-inflamasi. Sifat inilah yang membuat Azelaic Acid semakin diliirik sebagai kandungan utama dalam produk perawatan kulit untuk atasi jerawat.

Azelaic Acid memiliki sifat pH dependent, yang artinya kandungan ini harus berada pada kadar keasaman yang tepat untuk bekerja, yakni pada pH 4.9 yang kurang lebih sama seperti pH kulit manusia. Selain itu, Azelaic Acid bekerja sebagai gentle leave-on exfoliant atau eksfoliator lembut yang akan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengangkat lapisan teratas kulit agar permukaan kulit kembali halus. Kandungan ini juga disebut-sebut mampi mengurangi faktor masalah kulit yang menyebabkan kemerahan serta memiliki manfaat anti-oksidan.

Manfaat Kandungan Azelaic acid

evamulia clinic - Manfaat Azelaic Acid

Azelaic acid adalah sebuah komponen organik yang bisa ditemui di gandum dan barley. Senyawa ini digunakan untuk mengobati jerawat ringan sampai sedang, jerawat inflamasi dan jerawat komedo. Azelaic acid termasuk kelas pengobatan yang disebut asam dikarboksilat.

Azelaic acid ini memiliki efek anti-bakteri, anti-inflamasi, anti-komedogenik, dan zat keratolitik. Senyawa ini bekerja dengan membunuh bakteri jerawat yang menginfeksi pori-pori kulit dan menurunkan produksi keratin. Sehingga zat alami inilah yang mendorong pertumbuhan bakteri jerawat.

Selain bisa mengatasi masalah jerawat, Azelaic acid juga bisa digunakan sebagai pengobatan gel topikal untuk penyakit rosacea, karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan.

Senyawa ini bisa membersihkan benjolan dan pembengkakan yang disebabkan oleh Rosacea. Mekanisme kerjanya dianggap melalui penghambatan aktivitas protease hiperaktif yang mengubah katoda menjadi peptida kulit antimikroba.

Dosis dari obat Azelaic acid

Jerawat vulgaris

  • Dewasa: krim 20% atau gel 15%: Oleskan tipis-tipis ke daerah yang terkena jerawat (pagi dan sore) setelah pembersihan. Perubahan baru dapat dilihat dalam waktu 4 minggu. Lama pengobatan hingga 6 bulan.
  • Anak: ≥12 thn Sama dengan dosis dewasa.

Rosacea

  • Dewasa: Gel 15%: Oleskan tipis ke daerah yang terjadi peradagan (pagi dan sore). perubahan baru akan terjadi dalam 4-8 minggu.
  • Anak: ≥12 thn Sama dengan dosis dewasa.

Berikut nama merek untuk asam azelaic yaitu Azepur99, Azetec99, Azaclear (azelaic acid dan niacinamide), AzClear Action, Azelex, krim White Action, Finacea, Finevin, Melazepam, Skinoren, Ezanic, Azelac, Azaderm, dan lain-lain.

Efek samping dari obat Azelaic acid

Pastinya hampir setiap penggunaan obat memiliki efek samping, sama seperti halnya pada Azelaic acid. Berikut efek samping yang mungkin muncul pada penggunaan Azelaic acid (setiap individu memiliki reaksi yang berbeda-beda:

  • Kulit kering
  • Gatal
  • Kulit terasa terbakar
  • Kehilangan pigmen

Jika terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan di atas atau gejala lainnya yang menetap dan mengganggu aktivitas Anda, segera konsultasikan ke dokter kulit untuk penanganan yang lebih lanjut.

Kalau Anda dengan kulit berjerawat dan pernah mengalamiiritasi dengan glycolic acid atau salicylic acid, produk dengan Azelaic acid ini bisa jadi alternatif lain untuk dicoba. 

Kuncinya yang penting sabar, karena kulit biasanya baru regenereasi setelah satu bulan pemakaian rutin. Jangan lupa juga untuk selalu ingat pakai sunscreen setiap memakai produk-produk eksfoliasi.

Sebaiknya Anda rajin untuk kontrol keadaan kulit Anda setelah menggunakan Azelaic acid. 

Jika tidak ada perbaikan setelah penggunaan 6 bulan atau bahkan terjadi perburukan kondisi, segera konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Mengatasi Bekas Jerawat Dengan Kacang Arab, Begini Caranya

Leave a Reply