Apakah Sunscreen Boleh Dipakai Sore Hari? Temukan Jawabannya di Sini!

Apakah Sunscreen Boleh Dipakai Sore Hari – Sinar matahari sangat penting bagi kesehatan kita, tetapi terlalu banyak paparan sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit yang parah. Untuk melindungi kulit dari efek berbahaya sinar matahari, sunscreen menjadi salah satu solusi yang paling populer.

Namun, apakah sunscreen boleh dipakai sore hari? Sebelum menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kamu mengetahui lebih dalam mengenai penggunaan sunscreen dan fungsinya pada kulit.

Apa itu sunscreen?

Sunscreen, atau sering juga disebut dengan tabir surya, adalah produk yang digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Ada dua jenis sinar UV yang paling sering disebutkan, yaitu UVA dan UVB. Kedua sinar ini dapat menyebabkan kerusakan kulit, termasuk penuaan dini, kanker kulit, dan lain sebagainya.

Sunscreen mengandung bahan aktif yang dapat menyerap atau memantulkan sinar UV sebelum masuk ke kulit. Ada dua jenis sunscreen yang umum digunakan, yaitu fisik dan kimiawi. Sunscreen fisik bekerja dengan cara memantulkan sinar UV, sedangkan sunscreen kimiawi bekerja dengan cara menyerap sinar UV.

Apakah sunscreen hanya diperlukan saat berjemur di bawah sinar matahari?

Banyak orang berpikir bahwa sunscreen hanya diperlukan saat berjemur di bawah sinar matahari, tetapi sebenarnya paparan sinar UV tidak hanya terjadi saat berada di bawah sinar matahari langsung. Sinar UV juga dapat menembus awan, kaca, dan bahan lainnya.

Jadi, apakah sunscreen boleh dipakai sore hari?

Jawabannya adalah ya! Paparan sinar UV dapat terjadi kapan saja, bahkan saat cuaca mendung sekalipun. Oleh karena itu, mengaplikasikan sunscreen di pagi hari dan sore hari sebelum beraktivitas di luar ruangan dapat membantu melindungi kulit dari efek berbahaya sinar UV.

Tetapi, perlu diperhatikan bahwa kadar SPF pada sunscreen yang kamu gunakan harus sesuai dengan kondisi kulit dan aktivitasmu. Kadar SPF yang terlalu rendah mungkin tidak memberikan perlindungan yang cukup, sementara kadar SPF yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat.

Selain itu, pilihlah sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu. Jika kamu memiliki kulit sensitif, sunscreen dengan bahan alami seperti aloe vera atau ekstrak teh hijau mungkin lebih cocok untukmu.

Dalam kesimpulannya, penggunaan sunscreen tidak hanya diperlukan saat berjemur di bawah sinar matahari langsung. Paparan sinar UV dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk saat cuaca mendung sekalipun. Ole