Apa Manfaat Menyimpan Cream Malam di Dalam Kulkas?

Eva Mulia Clinic – Manfaat Menyimpan Cream Malam – Bagi Anda yang terbiasa menggunakan produk perawatan kulit, Anda pasti pernah menemukan petunjuk penyimpanan produk yang membutuhkan lemari es atau kulkas. Beberapa orang percaya bahwa menyimpan produk perawatan kulit di lemari es dapat memperpanjang umur simpannya. Lagi pula, makanan bisa tetap dingin dengan menyimpannya di lemari es, jadi cara yang sama mungkin juga berlaku untuk produk perawatan kulit. Masuk akal untuk menyimpan kebutuhan perawatan kecantikan kita di tempat yang lebih sejuk untuk mencegah formula produk kosmetik rusak. Ini adalah trik lama yang kembali populer, pernah digunakan untuk menyimpan produk perawatan jerawat untuk menghindari kerusakan kimia.

Jika dulu cara ini kurang disukai, kini orang mulai menyadari pentingnya menyimpan produk perawatan kulit dengan baik. Meskipun suhu ruangan baik-baik saja untuk sebagian besar produk perawatan kulit, beberapa bahan tertentu akan lebih bermanfaat jika didinginkan. Ide menyimpan produk perawatan kulit seperti krim wajah di lemari es mungkin terdengar tidak masuk akal, tetapi banyak beauty influencer yang melakukannya dan bahkan menyimpan semuanya mulai dari cat kuku hingga krim wajah di lemari es. Biasanya produk yang dianjurkan untuk disimpan di lemari es adalah yang mengandung lilin, minyak dan air. Manfaat krim wajah berpendingin memiliki manfaat tersendiri yang bisa Anda coba.

Manfaat Menyimpan Cream Malam di Dalam Kulkas

1. Mencegah Kontaminasi

Produk perawatan kulit berupa krim wajah sebagian mengandung bahan aktif yang akan rusak jika disimpan pada suhu ruangan sekitar 25 derajat Celcius. Manfaat krim wajah yang disimpan di lemari es bisa bermanfaat saat produk sudah dibuka. Walaupun setiap produsen pasti akan mengemas produknya dengan cara yang paling steril, namun saat dibuka akan terpapar udara yang membawa berbagai jenis bakteri dan kuman yang dapat mencemari produk yang mempengaruhi bahan aktifnya. Menyimpan krim wajah di lemari es akan membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang mungkin ada.

2. Mencegah Oksidasi

Keuntungan menyimpan krim wajah di lemari es adalah dapat menghindari proses oksidasi yang akan terjadi jika produk sering terpapar udara. Oksidasi adalah reaksi produk dengan oksigen yang dapat menyebabkan perubahan warna pada produk, juga akibat paparan sinar matahari dan suhu tinggi. Hal ini bisa terjadi terutama pada krim wajah yang dapat mencerahkan kulit yang harus disimpan dengan hati-hati agar produk tidak cepat kadaluwarsa. Menyimpan masker di kulkas untuk mencegah oksidasi juga bisa dilakukan untuk cara menyimpan lulur kefir, cara menyimpan masker yang bisa dikupas, cara menyimpan sisa masker susu beruang, dan cara menyimpan masker putih telur yang tersisa.

3. Menjaga Efektivitas Produk

Manfaat krim wajah yang disimpan di kulkas selanjutnya adalah menjaga fungsinya agar dapat tampil maksimal pada kulit wajah. Anda tentu tidak ingin menggunakan krim wajah yang harganya mungkin mahal namun efektivitasnya berkurang agar tidak terjadi perubahan yang signifikan pada kulit wajah. Kesalahan dalam penyimpanan bahkan bisa berakibat fatal karena merusak kulit wajah pemakainya. Kenali ciri-ciri masker kadaluarsa dan ketahui cara menyimpan krim wajah jika tidak memiliki kulkas.

4. Memberi Sensasi Tersendiri

Menyimpan krim wajah di dalam kulkas bisa membuat kita merasakan sensasi yang berbeda saat mengaplikasikannya. Sensasi dingin krim di wajah memberikan kesegaran yang menyenangkan bagi kulit lelah yang terpapar banyak polutan. Manfaat krim wajah yang disimpan di lemari es akan sangat bermanfaat terutama bagi orang yang memiliki masalah dengan wajah kemerahan dan mudah iritasi, karena dapat menenangkan kulit yang meradang hampir seketika dengan rasa dingin.

5. Mempengaruhi Pembuluh Darah

Manfaat lain dari krim wajah yang disimpan di lemari es adalah sensasi dinginnya dapat membantu penyempitan pembuluh darah. Fungsinya mirip dengan kompres dingin untuk kulit yang juga dapat mengurangi bengkak di bawah mata, meredakan peradangan dan membuat pori-pori tampak lebih kecil. Inilah salah satu alasan mengapa krim wajah perlu didinginkan.

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai manfaat cream wajah disimpan di kulkas yaitu:

  • Jika Anda menggunakan produk alami tanpa bahan pengawet, Anda akan sangat diuntungkan dengan menyimpannya di lemari es.
  • Karena tidak mengandung bahan pengawet, produk organik dan alami cenderung lebih cepat rusak jika tidak disimpan di lemari es.
  • Selalu baca label produk yang akan dibeli untuk mengetahui manfaat krim wajah yang disimpan di lemari es. Dan jika produk tersebut mengandung bahan-bahan seperti minyak, mentega atau air khususnya, sebaiknya disimpan di lemari es untuk memperpanjang umur simpannya.
  • Produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C yang populer untuk produk anti aging umumnya perlu disimpan di lemari es.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari krim wajah yang disimpan di lemari es, Anda perlu membaca labelnya dengan cermat. Periksa bahan perawatan kulit mana yang akan digunakan. Simpan produk di lemari es dan bukan di freezer, karena menggunakan freezer dapat menyebabkannya membeku dan butuh waktu lama untuk mencair. Sangat penting bagi Anda untuk secara berkala memeriksa produk yang akan Anda gunakan untuk memastikan tidak ada bakteri yang tumbuh atau produk tersebut telah teroksidasi sedemikian rupa sehingga tidak dapat digunakan lagi. Pisahkan penyimpanan makanan dan kosmetik di dalam kulkas Anda agar kosmetik tidak terkontaminasi begitu pula sebaliknya, tidak mengotori makanan atau minuman Anda di dalam kulkas.