5 Urutan Skincare Pagi Sebelum Makeup: Moisturizer atau Sunscreen Dulu?

Eva Mulia Clinic – Urutan Skincare Pagi -Skincare pagi menjadi langkah penting sebelum Anda mengaplikasikan makeup. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah kita harus menggunakan moisturizer atau sunscreen terlebih dahulu. Mari kita bahas!

Berapa Lama Skincare Terlihat Hasilnya? Ini Rentang Waktunya!

1. Apa yang Harus Dilakukan Terlebih Dahulu: Moisturizer atau Sunscreen?

Penting untuk memahami urutan yang benar agar skincare Anda berfungsi secara maksimal. Secara umum, urutan skincare pagi yang direkomendasikan adalah:

  1. Cleanser: Bersihkan wajah Anda dengan lembut menggunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  2. Toner: Gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit dan menyiapkan kulit untuk langkah selanjutnya.
  3. Serum: Aplikasikan serum yang mengandung bahan-bahan aktif seperti vitamin C atau niacinamide untuk merawat masalah kulit tertentu.
  4. Moisturizer: Ini adalah langkah penting untuk menjaga kelembapan kulit Anda sepanjang hari. Urutan skincare pagi ini tidak boleh diabaikan.
  5. Sunscreen: Terakhir, tapi tidak kalah pentingnya, adalah penggunaan sunscreen. Melindungi kulit dari sinar UV adalah kunci untuk mencegah penuaan dini dan masalah kulit lainnya.

2. Apakah Boleh Menggunakan Moisturizer Sebelum Sunscreen?

Tidak ada aturan baku yang mengatakan bahwa moisturizer harus digunakan sebelum sunscreen. Namun, banyak ahli merekomendasikan untuk menggunakan sunscreen sebagai langkah terakhir dalam urutan skincare pagi. Ini karena sunscreen membentuk lapisan pelindung di atas kulit, sehingga dapat mengurangi efektivitas moisturizer jika diterapkan di atasnya.

3. Mengapa Sunscreen Penting Sebagai Langkah Terakhir?

Sunscreen bertindak sebagai perisai melawan paparan sinar UV yang merusak kulit. Ketika diterapkan sebagai langkah terakhir dalam urutan skincare pagi, sunscreen dapat membentuk lapisan pelindung yang efektif, menjaga kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari sepanjang hari. Ini penting untuk mencegah penuaan dini, kanker kulit, dan masalah kulit lainnya.

Baca Juga:  Cara Efektif Menghilangkan Jerawat di Dagu

4. Apakah Keduanya Dapat Digunakan Bersamaan?

Tentu saja! Jika Anda merasa lebih nyaman menggunakan moisturizer terlebih dahulu, tidak ada masalah asalkan Anda menunggu beberapa menit sebelum mengaplikasikan sunscreen. Ini memberi waktu bagi moisturizer untuk meresap ke dalam kulit sebelum Anda melindunginya dengan sunscreen. Namun, pastikan untuk memilih produk yang ringan dan mudah diserap untuk menghindari rasa lengket atau berat di kulit.

5. Kesimpulan: Urutan yang Benar Adalah…

Dalam urutan skincare pagi, baiknya adalah menggunakan moisturizer terlebih dahulu dan diikuti dengan sunscreen sebagai langkah terakhir. Ini memastikan bahwa kulit Anda tetap terhidrasi sepanjang hari dan dilindungi dari bahaya sinar UV. Namun, yang terpenting adalah konsistensi dalam menggunakan kedua produk ini setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.