image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

5 Manfaat Cocoa Butter untuk Kulit dan Bibir

Eva MuliaCocoa butter (lemak kakao) adalah sejenis lemak yang berasal dari biji kakao atau cokelat. Cara mengolah biji kakao menjadi cocoa butter yaitu dengan menggiling biji kakao lalu dipanaskan untuk memisahkan lemak dari padatan kakao. Selain untuk bisa membuat kue atau produk makanan lain, ternyata cocoa butter juga sering dijadikan bahan utama untuk membuat produk perawatan kulit. Cocoa butter punya banyak kandungan yang bermanfaat untuk kulit. Berikut adalah kandungan dan manfaat cocoa butter untuk kulit Anda.

Manfaat Cocoa Butter Bagi Kulit dan Bibir

manfaat cocoa butter

1. Melembapkan dan Menghaluskan Kulit

Kandungan asam lemak yang tinggi dalam cocoa butter berguna untuk melembabkan dan memberi nutrisi pada kulit, sehingga bisa meningkatkan kekenyalan kulit. Lemak dalam cocoa butter inilah yang akan membentuk pelindung untuk menahan kelembapan. Adapula kandungan vitamin A, C, dan E yang mampu menjaga kelembapan kulit yang dibutuhkan saat kulit kering.

2. Mencegah Tanda Penuaan

Manfaat cocoa butter untuk kulit yang kedua yaitu membantu memperbaiki aliran darah ke kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV sehingga mampu memperlambat penuaan kulit. Selain itu, kandungan senyawa polifenol juga bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan degenerasi kulit.

3. Membantu memudarkan stretch mark

Banyak wanita yang percaya bahwa menggunakan krim cocoa butter bisa digunakan selama dan setelah kehamilan. Krim ini bisa mencegah dan meminimalisir munculnya stretch mark. Meskipun harus dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat ini. Krim cocoa butter bekerja lebih baik daripada krim plasebo (obat kosong, tanpa kandungan apa pun) untuk mengatasi stretch mark.

4. Mengurangi Gejala-Gejala Masalah Kulit

Manfaat cocoa butter untuk kulit berikutnya adalah bisa mengurangi gejala masalah kulit. Senyawa polifenol di dalamnya mampu menenangkan kulit sensitif yang memiliki dermatitis atau ruam. Tak hanya itu, senyawa ini juga bisa menjaga kekenyalan kulit, menyeimbangkan produksi kolagen, dan menjaga keseimbangan cairan kulit.

Cocoa butter dapat mendinginkan dan memperbaiki bekas luka bakar. Selain itu, juga bisa membantu mengatasi masalah kulit terkait sengatan matahari.

5. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Selain bisa melembabkan kulit, cocoa butter juga bisa melembapkan bibir dan membantu mengobati bibir pecah-pecah. Tetapi, pastikan produk yang Anda pilih aman untuk dioleskan ke bibir.

Apakah ada efek samping dari cocoa butter?

Penggunaan ccocoa butter diklaim aman untuk kulit. Krim ini juga aman untuk digunakan selama kehamilan. Bagi Anda yang sensitif terhadap cocoa butter atau bahan lainnya yang mengandung cocoa butter,  ini akan menyebabkan reaksi alergi.

Produk berbahan cocoa butter memiliki efek anti estrogenik yaitu bisa mengurangi atau menghambat efek hormon wanita, estrogen, pada tubuh. Memakai atau mengaplikasikan produk dengan efek anti-estrogenik mungkin berpengaruh pada perkembangan remaja selama masa pubertas.

Baca juga: Kertas Minyak Wajah – Manfaat dan Cara Pakainya!

Leave a Reply