Tips Menghilangkan Milia dengan Bahan-Bahan Alami!

Eva Mulia ClinicTips Menghilangkan Milia – Milia adalah benjolan kecil, keras, putih atau kuning yang terdapat di atas permukaan kulit. Mereka biasanya muncul di sekitar mata, di atas dagu dan di atas bibir, tapi dapat muncul di mana saja di wajah atau tubuh. Milia dapat terjadi pada orang dewasa atau anak-anak dan dapat muncul secara tiba-tiba atau dapat muncul dalam jangka waktu yang lebih lama. Milia disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati di dalam pori-pori yang tersumbat.

Milia biasanya tidak menyakitkan dan tidak berbahaya, tapi beberapa orang merasa tidak nyaman dengan tampilannya. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai penyebab munculnya milia, cara mengatasinya dan cara untuk mencegah timbulnya milia kembali.

Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah milia, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang terbukti efektif dalam mengatasi dan mencegah timbulnya milia. Berikut beberapa bahan alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi milia.

Tips Menghilangkan Milia dengan Bahan-Bahan Alami!

cara menghilangkan milia, cara menghilangkan milia di wajah, cara menghilangkan milia yang sudah bertahun tahun, cara menghilangkan milia dibawah mata, cara menghilangkan milia di wajah secara alami, cara menghilangkan milia secara alami, cara menghilangkan milia yang sudah bertahun tahun dengan cepat, cara menghilangkan milia di hidung, cara menghilangkan milia di kelopak mata, cara menghilangkan milia di dekat mata, cara menghilangkan milia pada wajah, cara menghilangkan milia dengan bahan alami, cara menghilangkan milia di mata, cara menghilangkan milia dengan pasta gigi, cara menghilangkan milia dengan cepat, cara menghilangkan milia dengan pasta gigi pepsodent,

Menggunakan Air Mawar

Cara alami pertama yang dapat digunakan untuk menghilangkan milia adalah dengan menggunakan air mawar. Air mawar yang telah diekstraksi mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada kulit wajah. Cara mengaplikasikan air mawar ini dengan cara menyemprotkan pada area wajah yang terdapat milia, dilakukan 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Madu Manuka

Madu Manuka dipercaya memiliki sifat antibakteri, antimikroba dan antiinflamasi yang alami yang dapat membantu dalam menghilangkan milia pada wajah. Selain itu, madu ini juga dapat mencegah infeksi mikroba lebih lanjut. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan madu manuka sebanyak setengah sendok makan (sdm) pada wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hingga bersih. Lakukan kegiatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga:  Obat Jerawat Alami Banyak Tersedia di Rumah dan Mudah Digunakan

Scrub Gula dan Lemon

Scrub gula dan lemon dapat digunakan sebagai eksfoliator alami untuk kulit wajah. Kegunaannya sama dengan eksfoliator umumnya, yaitu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang ada di permukaan kulit. Cara membuatnya yaitu dengan mencampur perasan lemon dan gula, kemudian dioleskan pada wajah dan dipijat lembut selama 15-20 menit. Ulangi proses ini setiap hari selama seminggu untuk mengurangi milia di wajah.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang mudah didapatkan dan diklaim efektif untuk mengatasi milia. Hal ini disebabkan karena minyak kelapa memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi infeksi pada kulit. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa pada area wajah yang terkena milia dan dipijat lembut. Anda dapat mengaplikasikan minyak kelapa ini sebelum tidur atau sebelum mandi di pagi hari.

Kentang

Kentang merupakan bahan alami yang efektif untuk mengatasi masalah milia. Umbi-umbian ini mengandung antioksidan yang dapat mengontrol produksi minyak alami kulit dan membuat sel kulit mati terkelupas. Cara penggunaannya yaitu dengan menggiling kentang dan mengambil sari yang dihasilkan. Sari kentang yang dihasilkan dapat disimpan di lemari es hingga dingin, kemudian celupkan kapas ke dalam sari kentang dan oleskan pada area wajah yang terkena milia. Diamkan hingga sari kentang meresap dan mengering, kemudian bilas wajah hingga bersih. Ulangi prosedur ini dua kali sehari untuk hasil yang efektif.

Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya merupakan bahan alami yang efektif untuk mengatasi masalah milia. Tanaman ini mengandung anti-inflamasi yang dapat menenangkan dan menyembuhkan peradangan pada kulit. Cara penggunaannya yaitu dengan memotong bagian dalam dari lidah buaya dan mengaplikasikan gel pada area wajah yang terkena milia. Alternatif lainnya, Anda juga dapat membeli produk lidah buaya yang sudah dikemas di online shop (olshop) yang terpercaya. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi milia, Anda dapat mencoba salah satu yang dirasa mudah didapatkan.

Baca Juga:  Bahaya Paraben: Mewaspadai Risiko dalam Produk Perawatan Tubuh

Itulah beberapa cara alami yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah milia pada kulit. Beberapa bahan alami seperti air mawar, madu manuka, scrub gula dan lemon, minyak kelapa, sari kentang, dan aloe vera dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Ingat untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum mencoba metode apapun untuk mengatasi masalah kulit.

Selamat mencoba! Namun sebaiknya selalu dikonsultasikan dengan dokter kulit sebelum menggunakan bahan alami untuk mengatasi masalah kulit.