image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Tips Hilangkan Keloid

Tips Hilangkan Keloid Beserta Penjelasannya

Evamulia – Perawatan Kulit – Tips Hilangkan Keloid – Siapun yang memiliki kulit mulus, pastinya akan merasa kesal ketika muncul luka diatasnya. Tentunya, hal ini akan sangat menganggu penampilan seseorang. Nah, salah satu jenis luka pada kulit yang seringkali mengganggu adalah keloid.

Ketika muncul bekas luka keloid, tentuna akan sangat kontras perbedaannya dengan kulit asli. Jika kemunculannya tersebut berada di area yang tidak terlihat, mungkin hal tersebut tidak terlalu membingungkan. Tetapi, bagaimana jika munculnya di area tubuh yang terlihat? Mungkin bekas luka ini akan membuat kita risih dan malu. Permasalah kulit yang satu ini sering terjadi oleh siapapun, baik pria maupun wanita. Oleh sebab itu, banyak orang-orang yang mencari cara untuk memecahkan permasalahan yang satu ini.

Pada dasarnya, apabila ingin benar-benar hilang maka harus melakukan tindakan medis oleh dokter. Namun, sebelum memasuki pembahasan mengenai proses penyebuhan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu penjelasan beserta biaya yang diperlukan untuk melakukan operasi keloid ini.

Tips Hilangkan Keloid Beserta Penjelasannya

Tips Hilangkan Keloid

Keloid adalah timbulnya bekas luka yang kemunculannya pada secara tidak normal pada area kulit. Biasanya, jenis luka ini muncul  di luar batas kulit yang cedera, bentuknya melebar seperti tonjolan yang sangat kontras dengan warna kulit aslinya.

Biasanya, orang yang mengalami keloid ini mengeluhkan rasa gatal dan nyeri pada area luka tersebut. Selain itu, jenis luka ini juga dapat mempengaruhi kondisi mental serta rasa percaya diri penderitanya. Tentunya, hal ini dapat berdampak kemana-mana dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti penurunan kualitas hidup bagi yang mengalaminya.

Penyebab Timbulnya Keloid

Pada dasarnya, timbulnya keloid ini bisa lebih tingg jika seseorang memiliki genetik atau turunan dari jenis luka ini. Apabila orang tua kamu memiliki keloid, maka kamu harus  berhati-hati dan menghindari aktivitas yang dapat menimbulkan luka ini. Contohnya menghindari operasi apabila keadaan tidak mendesak, melakukan tindik dan tato.

Selain faktor genetik, keloid ini juga bisa timbul akibat berbagai luka seperti goresan, cakaran, tindikan, operasi serta luka bakar. Ketika mengalami luka bakar. Ketika mengalami luka, jaringan parut akan tumbuh dan memperbaiki dirinya sendiri.

Tentunya hal ini dapat membuat bekas luka menajdi terlihat menonjol dan warnanya begitu kontras dari kulit asli. Ketika sudah terjadi, maka bersiap-siaplah mencari tahu mengenai biaya operasi keloid untuk langkah penyembuhannya.

Area Tubuh yang Rawan Timbul Keloid

Sebenarnya, keloid ini dapat timbul pada area tubuh manapun, terutama pada tubuh yang mengalami luka. Tetapi, pada bebeapa area tubuh yang rawan akan timbulnya jenis luka ini seperti tengah dada, telinda, belakang leher, pundak, lengan atas, betis serta punggung atas.

Cara Hilangkan Keloid

Sebenarnya, bekas luka ini dapat dihilangkan. Tetapi membutuhkan upaya khusus untuk membuatnya benar-benar hilang. Nah, berikut ini beberapa jenis cara untuk menghilangkan keloid yang bisa kamu coba.

Suntik Keloid

Cara yang pertama jika kamu tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam karena biaya operasi keloid yang cukup mahal, munkin suntik keloid bisa menjadi solusi yang bisa kamu coba. Pada prosedur ini, obat yang akan digunakan mengandung triamcinolone acetonide. Obat kortikosteroid nantinya akan disuntikan langsung kedalam jaringan keloid.

Penyuntikan ini menggunakan jarum khusus yang sangat kecil dan suntik ini dapat diulang dengan interval 4 hingga 6 minggu. Suntikan ini nantinya dapat menyamarkan bekas luka keloid menjadi lebih tipis dan tersamarkan.

Krioterapi

Cara selanjutnya dalam menghilangkan keloid adalah dengan krioterapi yang menggunakan zat nitrogen cair dalam prosedurnya. Zat ini nantinya akan disemprotkan pada area yang mengalami keloid selama 10-30 detik. Nantinya, penyemprotan ini akan diulang sebanyak 3 atau 4 kali dan perawatan ini dapat diulang setiap bulan hingga keloid menyusut.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Krioterapi ini dapat dikombinasikan dengan suntik keloid. Hal ini tentunya merupakan salah satu upaya agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Tetapi, perlu diketahui bahwa krioterapi ini hanya efektif terhadap keloid yang ukurannya kecil.

Terapi Laser

Terapi laser ini terbilang cukup efektif dalam mengatasi bekas luka dan menyamarkan keloid. Terapi laser terbilang aman dan tidak terlalu menyakitkan, tetapi membutuhkan beberapa sesi terapi dalam pelaksanaan prosedurnya. Dengan pengulangan prosedur ini tentunya biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit dan mungkin hampir menyamai dengan biaya operasi keloid. Selain itu, terapi laser ini juga akan lebih efektif apabila dikombinasikan dengan suntik keloid.

Operasi Pengangkatan Keloid

Menghilangkan keloid dengan operasi merupakan salah satu cara yang cukup efektif dan juga berisiko. Apabila tidak ditangani dengan benar, maka operasi pengangkatan keloid ini dapat memicu timbulnya keloid baru yang lebih besar. Oleh karena itu, maka lakukanlah prosedur ini di klini katau dokter yang memang sudah berpengalaman.

Biasanya, operasi ini akan dikombinasikan dengan suntikan keloid atau memberikan tekanan pada luka dengan alat khusus. Selain itu, operasi ini juga sering dikombinasikan dengan radioterapi untuk mencegah keloid timbul kembali.

Radioterapi

Radioterapi atau terapi radiasi ini dilakukan dengan cara menembakan sinar X pada tubuh yang mengalami keloid. Terapi ini biasanya dilakukan setelah operasi selesai dilakukan. Biasanya radioterapi ini dilakukan sehari berikutnya atau satu minggu setelah operasi.

Leave a Reply