Purging Artinya: Apa itu Purging dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Eva Mulia Clinic – Purging Artinya – Purging adalah kondisi kulit yang sering dialami oleh orang-orang yang baru mulai menggunakan produk perawatan kulit tertentu, terutama produk dengan kandungan aktif seperti retinoid, AHA/BHA, dan vitamin C. Purging seringkali dianggap sebagai jerawat karena munculnya komedo, papula, dan pustula di wajah, tetapi sebenarnya purging berbeda dengan jerawat.

Purging terjadi karena produk perawatan kulit yang digunakan mempercepat siklus pergantian sel kulit sehingga sel-sel kulit mati lebih cepat terkelupas dan tergantikan oleh sel kulit yang baru. Proses ini seringkali menyebabkan komedo dan jerawat yang sebelumnya tersembunyi di dalam kulit, muncul ke permukaan kulit.

Namun, purging tidak selalu terjadi pada semua orang yang menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan aktif. Beberapa orang mungkin tidak mengalami purging sama sekali, sementara yang lain hanya mengalami sedikit purging di awal penggunaan produk.

Penyebab Purging

Purging terjadi karena penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan aktif seperti retinoid, AHA/BHA, dan vitamin C. Bahan-bahan ini mempercepat siklus pergantian sel kulit sehingga sel-sel kulit mati terkelupas lebih cepat.

Selain itu, purging juga dapat terjadi karena penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Penggunaan produk yang terlalu berat atau mengandung bahan-bahan yang terlalu keras dapat menyebabkan kulit menjadi kering, teriritasi, dan memicu purging.

Cara Mengatasi Purging

Meskipun purging tidak dapat dihindari sepenuhnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejalanya, antara lain:

  1. Jangan menggosok kulit terlalu keras saat mencuci wajah. Gunakan jari-jari dengan lembut untuk membersihkan kulit wajah.
  2. Gunakan produk perawatan kulit dengan kandungan aktif yang rendah terlebih dahulu. Mulailah dengan produk yang mengandung 0,025% retinoid atau 5% AHA/BHA dan tingkatkan secara bertahap sesuai dengan toleransi kulit.
  3. Jangan menggabungkan beberapa produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan aktif. Hal ini dapat membuat kulit menjadi terlalu kering dan memicu purging.
  4. Jangan menggunakan produk perawatan kulit yang terlalu berat untuk jenis kulit Anda. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kulit Anda.

Produk yang Dapat Membantu Mengurangi Purging

Selain melakukan perawatan kulit yang tepat, ada beberapa produk yang dapat membantu mengurangi purging, di antaranya:

  1. Sabun cuci muka yang lembut dan tidak mengandung bahan-bahan keras. Pilih sabun cuci muka yang mengandung bahan-bahan yang lembut dan tidak membuat kulit kering.
  2. Pelembap wajah yang ringan dan non-komedogenik. Pelembap wajah yang ringan dapat membantu menjaga kelembapan kulit tanpa membuatnya terlalu berminyak.
  3. Serum yang mengandung vitamin C dan E. Serum ini dapat membantu mengurangi pigmentasi dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit.
  4. Peeling yang lembut. Peeling dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan membantu regenerasi sel kulit yang baru.
  5. Krim yang mengandung retinoid. Krim yang mengandung retinoid dapat membantu mempercepat pergantian sel kulit dan membantu mengurangi purging.

Meskipun purging dapat terjadi di awal penggunaan produk perawatan kulit, tetapi jangan khawatir karena kondisi ini sebenarnya normal dan akan mereda dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Penting untuk tetap menjaga kebersihan kulit, menggunakan produk perawatan kulit yang tepat, dan mengurangi penggunaan produk yang terlalu berat atau mengandung bahan-bahan keras.

Jika purging tidak mereda setelah beberapa minggu atau gejalanya semakin parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat dan efektif.