image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

manfaat sagu untuk kecantikan

Manfaat Tepung Sagu untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Eva Mulia – Tepung sagu merupakan salah satu jenis tepung-tepungan ini sangat populer di Indonesia. Biasanya tepung sagu diolah menjadi berbagai macam olahan makanan, bahkan di beberapa daerah tepung sagu dijadikan sebagai makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia. Selain itu, ternyata tepung sagu memilki beberapa manfaat untuk kecantikan dan juga kesehatan.

Namun masih bayak orang yang tidak bisa membedakan antara tepung tapioka dan juga tepung sagu. Ini karena tepung tapioka lebih mudah untuk ditemukan daripada tepung sagu. Nah, sebelum mengetahui manfaat  tepung sagu, kenali lebih jauh tentang tepung sagu berikut ini, yuk!

Mengenal Tepung Sagu

Tepung sagu terbuat dari hati kayu tanaman rumbia atau dikenal dengan nama pohon sagu. Kandungan karbohidrat dari tepung sagu bahkan melebihi kandungan karbohidrat dalam beras. Selain karbohidrat tepung sagu juga memiliki kandungan lainnya seperti serat, protein, potasium, lemak, dan fosfor. Meskipun hanya mengandung sedikit mineral dan vitamin, tetapi sagu masih termasuk ke dalam bahan makanan dengan nutrisi yang cukup lengkap, meski jumlahnya tidak terlalu banyak.

Sagu memiliki tekstur yang sangat mirip dengan tepung tapioka. Namun yang membedakannya adalah tepung tapioka terbuat dari singkong. Tapioka biasanya banyak dijual dipasaran, sehingga banyak resep makanan dari tepung sagu yang bisa digantikan dengan tepung tapioka.

Manfaat Tepung Sagu untuk Kecantikan

manfaat tepung sagu untuk kecantikan

Tepung sagu mempunyai 2 manfaat yaitu untuk kesehatan dan kecantikan. Manfaat tepung sagu untuk kesehatan yaitu  bisa menjadi sumber energi, memperlancar pencernaan, baik untuk kesehatan tulang dan sendi, serta dapat mencegah darah tinggi.

Sedangkan untuk kecantikan, sagu sering dijadikan sebagai masker wajah dan juga masker rambut. Berikut adalah manfaat tepung sagu untuk kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui!

Baca juga: Masker Charcoal Untuk Menghilangkan Jerawat

Manfaat Tepung Sagu untuk Kecantikan Wajah

Mempercepat Regenerasi Kulit

Manfaat tepung sagu yang pertama adalah dipercaya bisa mempercepat regenerasi kulit. Kandungan potasium di dalam tepung sagu mampu menjaga kolagen dalam kulit. Kolagen punya banyak manfaat bagi kesehatan kulit terutama untuk menjaga kekencangan kulit dan membantu regenerasi kulit. Anda bisa memanfaatkan tepung sagu sebagai masker wajah. Jika masker tepung sagu dilakukan secara rutin maka bekas jerawat atau noda hitam dapat tersamarkan dan dan memberbaiki jaringan parut secara perlahan.

Sebagai Exfoliator

Manfaat tepung sagu untuk kulit selanjutnya adalah mampu bertindak sebagai exfoliator. Tepung sagu bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Hal ini menandakan bahwa tepung sagu mempunyai manfaat untuk membersihkan kulit lebih maksimal.

Manfaat Tepung Sagu untuk Kecantikan Rambut

Mengatasi Rambut Lepek

Jika Anda sering mengalami rambut lepek, maka Anda bisa menjadikan tepung sagu sebagai dry shampoo. Caranya adalah dengan mencampurkan tepung sagu dengan baking soda dengan perbandingan 4:1.

Caranya cukup taburkan kedua bahan tersebut ke seluruh rambut, lalu sisir rambut perlahan sampai jejak putihnya menghilang dari rambut. Sehingga rambutpun akan tampak cantik alami.

Menghilangkan Sisa Hairspay

Biasanya penggunaan hairspray akan membuat rambut menjadi kaku, terkadang sisa dari hairspray juga tidak cukup hilang dengan menggunakan sampo saja. Sebelum keramas, Anda bisa menaburkan tepung sagu ke seluruh rambut yang terpapar hairspray.

Diamkan beberapa menit, selanjutnya keramaslah dengan sampo menggunakan air dingin. Hindari menggunakan air panas karena bisa membuat sagu menempel di rambut Anda.

Apakah Tepung Sagu dapat Memutihkan Kulit?

Sebenarnya manfaat tepung sagu untuk kecantikan tidak secara langsung dapat memutihkan kulit, karena tepung sagu tidak memiliki banyak kandungan zat pemutih alami. Akan tetapi, karena tepung sagu bisa menjadi exfoliator sekaligus bisamembantu regenerasi kulit, maka bukan tidak mungki Anda bisa mendapatkan wajah yang lebih cerah dan cantik alami menggunakan masker tepung sagu ini.

Anda bisa memanfaatkan masker tepung sagu dengan bahan alami lainnya seperti tomat, putih telur, lemon, pepaya dan bahan lainnya yang dipercaya mampu untuk menjadi agen pencerah alami untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Selamat mencoba!

Baca juga: Penyebab Kulit Hitam dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply