Eva Mulia - Perawatan Wajah - Jerawat Acne Vulgaris - Jerawat acne vulgaris adalah suatu penyakit inflamasi kronis daru init pilosebaceous yang utamanya muncul pada usia remaja. Sebagian besar kasus jerawat menunjukan gambaran lesi plomorfik yang terdiri dari komedo, papula, pustula dan nodul dengan kondisi yang bervariasi.

Jerawat Acne Vulgaris

Eva Mulia Perawatan Wajah Jerawat Acne Vulgaris Jerawat acne vulgaris adalah suatu penyakit inflamasi kronis daru init pilosebaceous yang utamanya muncul pada usia remaja. Sebagian besar kasus jerawat menunjukan gambaran lesi plomorfik yang terdiri dari komedo, papula, pustula dan nodul dengan kondisi yang bervariasi.

Meskipun masalah jerawat acne bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi bisa memberikan gejala sisa berupa bintik atau bercak dan jaringan perut hipertrofi (skar). Diagnosis jerawat bisa dilihat berdasarkan anamnesa perjalann penyakit dan juga pemeriksaan laboraturium dalam melihat kadar androgen dan juga kultular dari lesi kulit.

Pengobatan jerawat ( acne vulgaris ) bertujuan mengatasi hal-hal yang menjadi faktor patogenesis dan pilihan pengobatan diarahkan berdasarkan klarifikasi tingkat keparahan.

Eva Mulia - Perawatan Wajah - Jerawat Acne Vulgaris - Jerawat acne vulgaris adalah suatu penyakit inflamasi kronis daru init pilosebaceous yang utamanya muncul pada usia remaja. Sebagian besar kasus jerawat menunjukan gambaran lesi plomorfik yang terdiri dari komedo, papula, pustula dan nodul dengan kondisi yang bervariasi.

Penyebab dan Gejala Jerawat Acne Vulgaris

  • Pustul; gundukan kecil yang biasanya berisi nanah berwarna putih atau kuning.
  • Makula; bintik merah pada kulit; tidak bernanah dan ditandai dengan peradangan pada kulit.
  • Komedo terbuka (komedo hitam) dan tertutup (komedo putih); papul miliar yang di bagian tengahnya mengandung sumbatan minyak wajah yang dihasilkan oleh kelenjar kulit.
  • Papul; gundukan kecil padat yang menonjol pada permukaan kulit; tidak bernanah.

Biasanya jerawat yang meradang berbentuk nodula, kistik akan terasa gatal dan nyeri. Selain itu, jika ditekan, luka akan keluar nanah. Meskipun bukan adalah keluhan medis yang berat, tetapi timbulnya jerawat seringkali berpengaruh pada psikologis pasien dan kadar hormon.

Jenis hormon yang Sering dihubungkan dengan laki-laki ini secara aktif diproduksi di usia remaja. Hasilnya, kelenjar minyak di bawah kulit membesar dan menghasilkan lebih banyak sebum. Sebum berlebih dapat memecah dinding sel dalam pori-pori dan membuat bakteri tumbuh dengan pesat.

Pengobatan Jerawat Acne Vulgaris

Kalian bisa mengobati acne vulgaris di klinik eva mulia atau atau rumah sakit, dokter akan menanyakan beberapa hal, seperti riwayat kesehatan dan siklus menstruasi pada wanita. Hal ini ditujukan untuk mendapatkan informasi penyebab utama jerawat. Jika memang diperlukan, dokter akan menyarankan pasien untuk menjalani tes khusus guna mendiagnosa kelainan kulit ini secara lebih komprehensif.

Pengobatan jerawat dapat dilakukan dengan cara memberikan obat-obatan topikal, obat sistemik, bedah kulit, atau kombinasi cara-cara tersebut: Pengobatan sistemik, Pengobatan topikal, serta bedah kulit. Berikut ini adalah cara mencegah timbulnya jerawat (acne vulgaris):

  • Menjauhi kebiasaan mengonsumsi alkohol, makanan pedas, serta rokok
  • Menghindari penggunaan kosmetik berlebihan
  • Menghindari stress berlebihan
  • Berolahragasecara teratur
  • Hidup teratur dan sehat
  • Hindari lingkungan yang lembab
  • Hindari paparan sinar ultraviolet terlalu lama
  • Hindari penggunaan Kortikosteroid
  • Hindari penggunaan kosmetik pada daerah kulit yang terkena
  • Membasuh wajah secara rutin jika anda memiliki kulit berminyak
  • Mencuci rambut secara rutin jika anda memiliki rambut berminyak
  • Mengelola stres anda dengan baik.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya lakukan konsultasi dahulu pada dokter, biasanya kalian akan mendapatkan jenis perawatan wajah yang tepat dan obat jerawat sesuai jenis kulit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *