breakout

Inilah Tips Kecantikan yang Dapat Membuat Wajah Menjadi Breakout!

Evamulia Perawatan Kulit – Wajah Menjadi Breakout – Wajah mengalami breakout tentunya bukanlah suatu hal yang menyenangkan. Wajah yang dipenuhi dengan jerawat, komedo, terlihat kemerahan tentunya dapat membuat kamu menjadi kurang percaya diri. Untuk mengatasi breakout yang terjadi pada area wajah, kamu mencari berbagai macam cara serta mencoba menjalani beberapa tips kecantikan. Nah, apakah kamu tahu jika terdapat beberapa tips kecantikan yang justru dapat membuat kondisi breakout menjadi lebih parah?

Hal tersebut tentunya disebabkan karena tidak semua tips kecantikan dan kesehatan kulit yang kamu temukan cocok untuk seluruh kondisi kulit, khususnya kondisi kulit yang sedang menjalani breakout.

Inilah Tips Kecantikan yang Dapat Membuat Wajah Menjadi Breakout!

breakout ft

Dikutip dari Bustle, berikut ini beberapa tips kecantikan yang tidak boleh kamu lakukan ketika sedang mengalami breakout.

Tidak Menggunakan Pelembab

Sebagian orang menganggap jika para pemilik acne prone atau cenderung berjerawat tidak perlu menggunakan lagi pelembab. Anggapan ini muncul karena minyak dapat menyumbat pori-pori dan menemukan bintik-bintik wajah, sehingga akan lebih baik jika mendiamkan dalam kondisi kering.

Padahal faktanya, menurut para ahli kecantikan jika anggapan tersebut adalah mitos. Justru malah sebaliknya, kulit wajah yang mudah berjerawat harus menggunakan pelembab karena biasanya kondisi breakout yang terjadi dapat menjadi lebih parah karena inflamasi dan kering.

Jadi pada dasarnya, kamu tidak dapat mengembalikan lapisan pelindung alami pada kulit tanpa hidrasi yang efektif. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kelembapan kulit berminyak. Pilihlah pelembab yang diformulasikan khusus untuk kulit wajah acne prone.

Menggunakan Lebih Banyak Produk dalam Rutinitas Kecantikan

Banyak yang salah mengira jika menggunakan banyak produk kecantikan dapat mencegah wajah dari berbagai macam masalah kulit. Tetapi sebenarnya, menggunakan banyak produk kecantikan yang berbeda dalam menjaga kulit justru dapat memperburuk kondisinya serta dapat menyebabkan munculnya masalah baru, salah satunya seperti breakout. Hal ini dapat muncul dikarenakan akibat pertemuan dari beberapa kandungan produk yang kurang cocok.

Oleh karena itu, para ahli kecantikan menyarankan untuk fokus pada rutinitas kecantikan atau perawatan kulit yang sederhana seperti langkah cleanser tone serum moisturizer. Dengan melakukan beberapa langkah perawatan seperti ini, maka wajah dapat menyesuaikan dengan rutinitas tersebut serta membangun kembali kekuatannya.

Selain itu, akan sangat penting jika memperhatikan kandungan tertentu yang dapat mengatasi masalah pada kulitmu. Produk dengan kandungan yang tepat tidak membutuhkan banyak produk lainnya.

Menggunakan Produk dengan Banyak Kandungan Asam dan Aktif

Bahan aktif tentunya efektif dalam mengatasi permasalahan pada kulit wajah. Tetapi jika pemakaiannya dilakukan secara berlebihan maka dapat memperburuk kondisi kulit tubuh. Terutama pada kulit acne prone yang mengalami breakout. Maka dari itu, para ahli menyarankan untuk memilih skincare yang kaya akan kandungan antioksidan dan anti inflamasi. Pasalnya, kandungan tersebut dapat membangun kembali kesehatankulit serta fungsi pelindung kulit.

Selain itu para ahli juga kurang menyarankan penggunaan produk skincare dengan bahan aktif seperti salicylid acid dan retinol jika tidak di iringi dengan bahan antioksidan atau anti inflamasi. Pasalnya pada kondisi kulit breakout tujuan terpenting adalah untuk melindungi kesehatan kulit serta mendapatkan hasil yang optimal dari rutinitas kecantikanmu.

Berjemur dibawah Matahari dapat Mengurangi Noda Hitam

Ada pepatah yang mengatakan jika kamu dapat mengurangi noda hitam pada wajah dengan cara berjemur langsung dibawah sinar matahari. Beberapa ahli setuju jika berada dibawah paparan sinar matahari dapat mengurangi inflamasi dengan cara kerja yang sama seperti perawatan blue light mask. Tetapi akan sangat penting untuk mengingat jika matahari turut memberi dampak yang buruk pada kulit.

Dalam jangka waktu yang pendek, membiarkan kulit terkena paparan sinar matahari dapat mengurangi tanda-tanda jerawat. Tetapi dalam jangka waktu yang panjang, paparan sinar matahari dapat memberi pengaruh buruk pada sistem imun tubuh ketika melawan sel kanker.

Selain itu, sinar matahari juga dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat memicu produksi minyak karena kulit berusaha untuk mengatasi kondisi tersebut. Jadi, secara tidak langsung dapat menyebabkan timbulnya breakout dan masalah lainnya apda wajah.

Menghindari SPF Karena dapat Membuat Wajah Berminyak

Faktanya, pemilik kulit berminyak juga perlu menggunakan SPF untuk memberi perlindungan dari sinar matahari. Cukup memilih SPF dengan kandungan formula khusus untuk kulit berminyak agar tidak terasa licin atau lengket pada kulit serta tidak memperburuk kondisi kulit.

Lima tips skincare yang dipercaya mampu mengatasi wajah yang breakout ini justru dapat memperburuk kondisi kulit. Oleh karena itu, akan lebih baik jika memperbanyak riset terlebih dahulu sebelum melakukan berbagai tips kecantikan kulit, terutama pada kulit yang mudah mengalami jerawat seperti berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kecantikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *