image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Cara mengatasi purging jerawat

Cara Mengatasi Purging Jerawat Ketika Ingin Mencoba Skin Care Baru

Cara mengatasi purging jerawat- Ketika ingin mencoba skin care baru, ada dua hal yang akan terjadi. Kulit jadi lebih sehat terawat atau malah timbul berbagai masalah, seperti jerawat dan komedo. Anda juga mungkin akan berpikiran apakah ini tanda purging atau jangan-jangan malah terjadi breakout.  Agar bisa paham dengan perbedaannya, ada baiknya Anda kenali terlebih dulu jenis jerawat dan apa yang menyebabkannya. Pada umumnya penyebab jerawat terjadi karena  adanya penumpukkan sel kulit mati (micromedone) yang tidak segera diangkat. Nah, tumpukkan sel kulit mati inilah yang nantinya akan menjadi cikal bakal jerawat dan komedo.

Apa itu purging?

Purging  merupakan istilah dalam dunia kecantikan, yang berasal dari kata purge yang berarti pembersihan. Pada fase awal penggunaan skin care atau fase pergantian produk skin care dari yang biasa Anda gunakan ke produk baru, Anda mungkin akan mengalami proses yang dinamakan purging.

Secara medis, purging adalah sebuah kondisi yang timbul akibat penggunaan kosmetik atau bahan kimia yang memiliki bahan seperti AHA, BHA  atau produk berjenis scrub, peeling, atau retinoid yang memang memiliki kemampuan penetrasi ke dalam kulit untuk membersihkan dan memperbaiki lapisan bawah kulit.

Bahan-bahan ini bisa mempercepat pertumbuhan sel kulit sehingga kulit akan tampak seperti bersisik dan tampak seperti memiliki benjolan kecil yang biasanya akan menghilang tanpa adanya fase kemerahan, bengkak, atau radang pada kulit Anda.

Purging bertujuan untuk membersihkan pori-pori kulit wajah Anda yang tersumbat oleh minyak berlebih, sel kulit mati yang tertumpuk dan komedo. Sehingga hal ini menyebabkan munculnya jerawat yang semakin banyak dan terlihat parah.

Purging umumnya terjadi selama 3-4 minggu. Hal ini disesuaikan dengan siklus pertumbuhan kulit setiap orang. Tapi jika kondisi kulit ini masih terjadi selama lebih dari 4 minggu, Anda patut waspada dan segeralah hentikan penggunaan kosmetik atau bahan kimia yang biasa Anda gunakan.

Perbedaan Antara Purging dan Breakout

Cara mengatasi purging jerawat

Untuk membedakan purging dan breakout memang gampang-gampang sulit, karena kehadiran keduanya sama-sama ditandai dengan jerawat. Tetapi, purging sendiri adalah sebuah tanda dari adanya proses percepatan regenerasi kulit. Nantinya, microcomedone yang ada di bawah kulit akan berubah menjadi whiteheadblackhead, dan juga jerawat yang muncul ke permukaan kulit dalam waktu yang jauh lebih cepat. Tapi perlu Anda ingat, umumnya tanda purging hanya berlangsung sementara, yaitu sekitar 2-3 minggu. Setelahnya, kulit wajah akan menjadi lebih bersih dan sehat.

Sama seperti purging hadirnya breakout juga ditandai oleh munculnya jerawat dan komedo. Apabila komedo di kulit tidak hilang atau bahkan jerawat bertambah parah dalam kurun waktu maksimal 8 minggu, maka ini baru yang dinamakan breakout. Breakout sendiri merupakan reaksi penolakan akibat ketidakcocokan kulit terhadap kandungan dalam produk. Selain itu, breakout juga bisa terjadi karena proses eksfoliasi yang berlebihan. Oleh karena itu, Anda perlu lebih hati-hati dalam menggunakan produk exfoliating. Pastikan penggunaan face scrub hanya maksimal dua kali dalam seminggu. Atau, senantiasa gunakan hydrating toner setiap Anda mengaplikasikan exfoliating toner pada kulit wajah.

Penyebab Timbulnya Jerawat Purging

cara mengatasi purging jerawat

Produk-produk dengan kandungan bahan aktif yang mempercepat proses pergantian sel kulit dapat, namun tidak selalu, menyebabkan purging. Apabila microcomedone membutuhkan waktu enam sampai delapan minggu untuk berkembang menjadi jerawat, maka saat purging siklus ini dipercepat. Berikut ini kandungan bahan aktif yang dapat menimbulkan purging:

  • Vitamin C,
  • benzoyl peroxide,
  • alpha hydroxy acids atau AHA,
  • beta hydroxy acids atau BHA,
  • polyhydroxyacids atau PHA,
  • Retinoid, serta
  • beberapa jenis scrub dan face brush

Cara Mendeteksi Jerawat Purging

Ada dua cara untuk mengenali jerawat purging, yaitu tempat dan durasinya. Pertama, karena jerawat purging hanya menghilangkan jerawat di bawah kulit, maka jerawat purging letaknya tidak jauh dari bagian wajahmu yang biasa berjerawat. Contohnya, saat Anda memiliki jerawat di bagian dahi, maka jerawat purging akan muncul di bagian yang sama. Jika tidak, maka Anda harus hati-hati, mungkin Anda tidak cocok dengan sebuah produk.
Kedua, karena secara normal proses pergantian sel kulit terjadi tiap satu bulan sekali, jerawat purging akan hilang sebelum satu bulan. Bahkan, jerawat akibat purging ada yang hilang dalam satu minggu saja. Kalau memakan waktu lebih, kemungkinan jerawatmu disebabkan karena enggak cocok atau iritasi.

Cara Mengatasi Purging Jerawat

Cara mengatasi jerawat purging yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengurangi kadar pemakaian obat, kosmetik atau bahan kimia yang digunakan. Jangan keburu-buru panik ketika Anda mengalami jerawat beruntusan setelah pemakaian produk baru karena bisa jadi ini hanyalah sebuah proses purging. Saat Anda menggunakan produk baru, Anda bisa memakai metode satu per satu. Misalnnya 2-3 hari Anda bisa memakai satu produk baru kemudian lihat hasil atau respon kulit Anda terhadap produk baru  tersebut. Jangan menggunakannya secara bersamaan agar Anda bisa mengetahui produk baru mana yang memberikan efek purging terhadap kulit Anda. Kemudian segera konsultasikan masalah ini kepada dokter Anda agar mendapatkan pengobatan yang aman dan tepat.

Baca juga: Tidak Sengaja Membuat Jerawat Pecah? Ini Dia Cara Menanganinya!

Leave a Reply