Bagaimana Tahapan Skincare untuk Kulit Kombinasi?

Eva Mulia – Skincare untuk Kulit Kombinasi – Jenis kulit kombinasi merupakan gabungan dari dua jenis kulit, yaitu kulit kering dan kulit persendian. Pada ciri-ciri kulit kombinasi, kulit yang biasanya terdapat di T-zone adalah dahi, hidung, dan dagu. Di zona-T, Anda akan melihat pori-pori tersumbat di dahi, hidung, dan dagu, serta bercak kering di pipi, garis rahang, dan garis rambut. Ini berarti bahwa perawatan kulit kombinasi memerlukan perawatan yang berbeda untuk bagian kulit yang kering dan keras. Anda perlu menemukan kesamaan dalam perawatan kulit jika tidak ada solusi satu ukuran untuk semua untuk semua masalah kulit kombinasi.

Bagaimana Tahapan Skincare untuk Kulit Kombinasi?

Berbagai faktor dapat menyebabkan kulit kombinasi, tetapi penyebab utama lebih sering adalah genetik. Jenis produk perawatan kulit yang Anda gunakan dapat memperburuk atau menyebabkan masalah. Menggunakan produk dengan bahan kimia keras akan membebani area tertentu di wajah dan juga merangsang produksi minyak di area lain yang sudah ada. Tapi dengan menggunakan produk yang tepat, mungkin masih ada bagian yang terlihat di wajah tapi bukan karena kulit belakang yang kering.

Perawatan Baik dan Benar untuk Kulit Kombinasi

Penggunaan produk perawatan kulit untuk kulit kombinasi ditentukan oleh tingkat kekeringan dan ukuran area alami wajah Anda. Perawatan untuk kulit kombinasi yang baik dan boleh diterapkan setiap hari adalah:

Pembersih

Mulailah dengan pembersih berbasis air yang lembut namun efektif. Anda dapat menggunakan pembersih berbasis lotion atau gel, tetapi tujuan dari pembersih adalah untuk menghilangkan kotoran, kotoran, dan riasan tanpa membuat kulit terasa kencang atau keras. Anda dapat menggunakan sikat tubuh yang sangat lembut. Kelembutan kuas sangat penting karena akan mempengaruhi kondisi kulit dan membuat tidak nyaman.

Baca Juga:  Alergi Sunscreen, Cara Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Toner

Toner dianggap lebih aman daripada astringen yang mengandung alkohol. Gunakan perawatan kulit untuk kulit kombinasi berupa toner yang mengandung bahan peremajaan kulit dan antioksidan. Toner dengan bahan lembut dan non-abrasif cocok untuk kulit kombinasi. Toner jenis ini akan melembabkan area kulit yang kering dan mengurangi minyak pada area yang seimbang, menyeimbangkan PH wajah dan tidak mengiritasi kulit. Untuk kulit kombinasi, toner berbasis gel, air atau cair cocok, ringan dan bebas alkohol. mengandung teh hijau, lidah buaya, stroberi, jeli putih, anggur, cendana atau panthenoside.

Pelembab

Penggunaannya tidak hanya untuk kulit kering tetapi juga diperlukan untuk kulit berminyak sesuai kebutuhan. Kegunaan pelembab bagi kulit kombinasi adalah untuk menjaga agar minyak di wajah terkontrol dengan baik.

Pelembab yang digunakan dalam perawatan kulit untuk kulit kombinasi harus berbasis air dan bebas minyak untuk menghindari penyumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat. Carilah bahan aktif seperti gliserin, niacinamide, asam hialuronat, vitamin A, B, C dan D pada kekenyalan kulit kombinasi.

Tabir surya

Tidak ada jenis kulit yang dapat dikecualikan dari kebutuhan akan tabir surya harian SPF 30 atau lebih tinggi. Langkah yang satu ini akan mengurangi penuaan dini sekarang dan di masa depan. Perawatan untuk kulit kombinasi dengan formula yang sangat ringan dan hasil akhir matte yang lembut yang paling cocok untuk wajah dan leher. Anda juga bisa mengoleskan serum atau booster ke area kulit yang kering dan menutupinya dengan tabir surya.

BHA Exfoliant

Perawatan kulit untuk kulit kombinasi harus selalu melibatkan produk pengelupasan yang mengandung BHA yang akan membantu pengelupasan sel kulit mati secara normal tanpa scrub atau pembersih yang keras. BHA juga akan membantu membuka pori-pori, membersihkan kulit dan pada saat yang sama melembutkan kulit kasar, menghilangkan pengelupasan dan memberikan cahaya yang sehat. Exfoliator ini bisa berupa gel, cairan tanpa bobot atau cairan serupa untuk membuat udara cocok untuk kulit kombinasi.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak: Ketahui Tanda-tanda dan Cara Mengatasinya

Krim Malam

Krim malam atau pelembab malam hari berbentuk gel, serum atau produk berbasis air akan cocok sebagai perawatan kulit untuk kulit kombinasi. Pelembab atau krim malam ini harus mengandung antioksidan, bahan peremajaan kulit dan penyembuhan untuk memperbaiki tekstur kulit wajah. Oleskan juga emollient serum atau oil booster pada area wajah yang kering agar kulit wajah tetap terhidrasi. Gunakan krim malam yang baik untuk mencerahkan wajah seperti GA 8 Night Cream Eva Mulia.

Tips Memilih Skincare untuk Kulit Kombinasi

Saat Anda akan memilih produk perawatan kulit untuk kulit kombinasi, ada tips lain yang bisa menjadi referensi cara merawat kulit kombinasi, yaitu:

Ketahui cara menguji jenis kulit wajah sebelum membeli produk perawatan kulit untuk wajah Anda.

Jangan gunakan pembersih wajah yang mengandung pH tinggi yang bersifat basa karena mengeringkan kulit dan menyumbat pori-pori.

Gunakan penghapus riasan yang mengandung formula lembut untuk menghapus riasan Anda di malam hari sebelum tidur.

Jangan lewatkan penggunaan pelembab. Lihat juga rangkaian Wardah untuk kulit kombinasi untuk kebutuhan perawatan kulit Anda.

Leave a Reply