Brightening, Whitening, atau Lightening? Memilih Produk Skincare yang Tepat untuk Mencerahkan Kulitmu


Eva Mulia ClinicPerbedaan Brightening dan Whitening – Perawatan kulit memiliki banyak jenis dan tergantung pada masalah kulit yang dihadapi. Dua perawatan kulit yang paling banyak dicari adalah perawatan pemutih kulit dan perawatan pencerah kulit. Pasti banyak dari Anda yang mengira bahwa kedua jenis perawatan kulit ini sama, padahal sebenarnya perawatan pemutih dan pencerah kulit itu berbeda. Inilah perbedaan antara memutihkan dan mencerahkan dalam perawatan kulit!

Bagaimana cara meniruskan wajah dengan cepat? Berikut Tips nya!

Brightening

Lightening artinya bercahaya yang berasal dari kata kilap, menandakan bahwa produk perawatan kulit pencerah memiliki manfaat mencerahkan kulit. Alpha arbutin adalah salah satu bahan pencerah kulit paling populer saat ini.

Berbeda dengan perawatan pencerah, pada umumnya perawatan pencerah (yang biasanya memiliki formulasi krim pencerah) bekerja mencerahkan kulit dengan cara pengelupasan kulit. kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, polusi, dan faktor lainnya menyebabkan sel kulit mati.

Kulit memiliki kemampuan untuk beregenerasi, namun dalam beberapa kasus tertentu proses regenerasi tidak berlangsung secara optimal. Dengan bantuan perawatan pencerah yang mengandung exfoliating ini, Anda bisa mendapatkan kembali kulit asli Anda.

Selain itu, perbedaan antara pencerah kulit dan pencerah kulit adalah bahan-bahan yang digunakan dalam pencerah kulit umumnya lebih aman. Selain kandungan eksfoliasinya, Alpha Arbutin juga sangat baik karena efektif mencerahkan tanpa menimbulkan efek jangka panjang.

Whitening

Perbedaan utama antara pemutihan dan pemutihan adalah bahwa pemutihan perawatan kulit tentu saja bertanggung jawab untuk membuat kulit kita lebih putih. Umumnya, produk pemutih bekerja dengan cara menghambat produksi melanin di kulit. Banyak review mengklaim bahwa whitening skincare tidak disarankan karena efeknya yang tahan lama.

Perlu diketahui bahwa melanin yang dihasilkan oleh enzim tirosinase merupakan zat yang memberi warna pada kulit. Sebenarnya melanin juga berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV, namun produksi melanin yang berlebihan dapat menyebabkan warna kulit tidak merata dan hiperpigmentasi.

Agen pemutih tradisional seperti HQ (hydroquinone) biasanya ditambahkan ke krim pemutih kulit. Alhasil, bahan ini bisa menghasilkan kulit yang lebih putih dari kulit asli yang Anda miliki.

Meskipun hidrokuinon dianggap efektif dalam memperlambat produksi melanin, penelitian menunjukkan bahwa ada efek samping serius yang terkait dengan penggunaan bahan pemutih sintetis dalam jangka panjang. Oleh karena itu, perawatan pemutih kulit sebenarnya tidak dianjurkan karena efek jangka panjangnya tidak baik untuk kesehatan Anda.

Lightening artinya mencerahkan jika kita lihat arti sempitnya dalam bahasa Inggris. Lalu tidak ada bedanya dengan keringanan, kan? Faktanya, perawatan pencerah bekerja secara berbeda dari perawatan pencerah.

Lightening dimaksudkan untuk mengubah warna kulit pemakainya dengan mengurangi kandungan melanin pada kulit Anda. Melanin adalah zat yang memberi warna pada kulit Anda. Jika Anda memiliki tingkat melanin yang tinggi, warna kulit Anda kemungkinan akan lebih gelap daripada mereka yang memiliki tingkat melanin yang lebih rendah di tubuhnya.

Produk perawatan kulit pencerah aman digunakan dengan mengikuti saran atau petunjuk penggunaan produk yang biasanya terdapat pada kemasan.

Selain kadar melanin, kulit juga bisa menjadi gelap akibat paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan menyebabkan hiperpigmentasi.

Formulasi produk pencerah umumnya ditujukan untuk kulit hiperpigmentasi seperti dijelaskan di atas. Dengan menggunakan perawatan pencerah, warna kulit akan lebih merata.

Perbedaan Antara Pemutih dan Pemutih

Ada perbedaan antara whitening dan bleaching yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli. Perbedaan antara pemutih dan pencerah adalah pemutih perawatan kulit.

Umumnya, produk pemutih bekerja dengan cara menghambat produksi melanin di kulit. Sedangkan pencerah umumnya mencerahkan kulit dengan cara menghilangkan kulit, tidak seperti pemutihan kulit.

Selain itu, perbedaan antara pencerah dan pemutih adalah bahan-bahan yang digunakan dalam pencerah wajah umumnya lebih aman. Selain kandungan exfoliatingnya, Alpha Arbutin juga menjadi andalan karena khasiatnya yang mencerahkan tanpa memicu efek negatif jangka panjang.

Jenis perawatan kulit yang mencerahkan dan memutihkan pasti memiliki pro dan kontra. Anda dapat memilih jenis perawatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, melihat efek sampingnya, perawatan kulit pemutih dianjurkan untuk perawatan kulit yang direkomendasikan untuk penggunaan jangka panjang.

Menggunakan whitening skincare sebagai skincare routine dalam waktu lama akan berdampak buruk bagi kulit dan kesehatan tubuh secara keseluruhan karena cara kerja skincare ini menghambat produksi melanin yang sebenarnya penting untuk kulit.

Selain itu, skin care bleaching biasanya juga menimbulkan efek kulit belang dengan ciri kulit yang terkena skin care akan tampak lebih putih. Tak jarang hal ini membuat penampilan terlihat aneh meski kulit tak terlihat segar.

Maka dari itu, ketika ditanya perawatan kulit pemutih dan pencerah apa yang dianjurkan, jawabannya adalah pencerah yang dianjurkan. Lebih disarankan untuk menggunakan perawatan jenis pencerah daripada pemutih mengingat efek samping yang dipilih. Inilah perbedaan antara pencerah dan pemutih yang dirangkum:

Brightening

  • Mencerahkan kulit dengan cara mengelupaskan kulit
  • Kandungan pencerah pada umumnya lebih aman
  • Bahan pencerah yang dinilai efektif dan minim efek jangka panjang

Whitening

  • Berfungsi untuk mencerahkan kulit dengan menyesuaikan melanin alami kulit
  • Memiliki efek samping jangka panjang karena cara kerja menghambat produksi melanin
  • Efek yang biasanya timbul adalah kulit lebih putih, namun kulit belang jika terpapar sinar matahari

Perawatan kulit yang mencerahkan cenderung lebih aman digunakan sebagai rutinitas perawatan kulit. Namun yang terpenting kamu tetap harus selalu memakai formula apa yang ada dalam skin care. Pastikan kandungan perawatan kulit tidak membahayakan seperti tidak mengandung merkuri atau hydroquinone.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *