image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Klinik Evamulia - Tips Perawatan Wajah - Tretinoin Topikal - Metode tren perawatan kulit Tretinoin Topikal adalah obat yang digunakan untuk mengatasi jerawat. Jerawatatau acne vulgaris terjadi ketika minyak atau sebum yang diproduksi klenjar minyak dibawah kulit tidak dapat keluar melalui pori-pori akibat terhalang kotoran atau sel kulit yang mati.

Tretinoin Topikal

Klinik Evamulia Tips Perawatan WajahTretinoin Topikal Metode tren perawatan kulit Tretinoin Topikal adalah obat yang digunakan untuk mengatasi jerawat. Jerawatatau acne vulgaris terjadi ketika minyak atau sebum yang diproduksi klenjar minyak dibawah kulit tidak dapat keluar melalui pori-pori akibat terhalang kotoran atau sel kulit yang mati.

Tretinoid topikal termasuk dalam golongan obat retinoid yang bekerja dengan cara mempengaruhi pertumbuhan sel kulit, membuat lapisan kulit mengelupas seperti peeling, sehingga membuka pori-pori kulit yang tersumbt.

Tretinoin Topikal

Tentang tretinoin topikal merupakan jenis obat resep dan baik digunakan pada usia 12 tahun lebih atau dewasa. Obat yang memiliki bentuk krim ini memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat, mengatasi kulit yang kasar, berkerut dan flek hitam di wajah karena sinar matahari. Untuk ibu hamil atau menyusui baiknya konsultasi dulu dengan dokter terkait.

Klinik Evamulia - Tips Perawatan Wajah - Tretinoin Topikal - Metode tren perawatan kulit Tretinoin Topikal adalah obat yang digunakan untuk mengatasi jerawat. Jerawatatau acne vulgaris terjadi ketika minyak atau sebum yang diproduksi klenjar minyak dibawah kulit tidak dapat keluar melalui pori-pori akibat terhalang kotoran atau sel kulit yang mati.

Merek Dagang Lumiquin, Melavita, Refaquin, Retin-A, Skinovit-CP, Trentin, Trequinon

Peringatan Tretinoin Topikal

  • Obat jenis ini hanya boleh digunakan untuk 12 tahun keatas
  • Harap berhati-hati jika memiliki masalah kulit (seperti Eksim)
  • Jangan mengoleskan tretinoin pada area kulit yang mengalami radang atau luka bakar
  • Harap berhati-hati jika memiliki riwayat kanker kulit
  • Hindari mengenai bagian mata, lubang hidung dan mulut karena sangat sensitif
  • Hindari sinar matahari ketika menggunakan obat tretinoin topikal
  • Beritahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang digunakan, termasuk suplemen dan produk herbal
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter

Dosis Tretinoin Topikal

  • Gunakan Tretinoin Topikal untuk mengobati jerawat dengan kandungan 0,01 – 0,1% tretinoin dan ambil secukupnya dengan ujung jari. Oleskan secara merata di daerah wajah yang berjerawat sebanyak 1-2 kali.
  • Untuk kondisi kulit kasar, berkerut dan hiperpigmentasi, kandungan tretinoin yang digunakan adalah 0,02 – 0,5%. Ambil krim secukupnya dengan ujung jari, kemudia oleskan ke area wajah yang telah dibersihkan dan dikeringkan sebelumnya, tiap malam sebelum tidur.

Hasil pemakaian tretinoin topikal untuk beberapa kondisi di atas dapat bervariasi. Umumnya hasil pengobatan mulai tampak setelah 2-6 bulan penggunaan. Kunci dari keefektifan obat ini adalah cara penggunaan yang konsisten dan teratur.

Kenali Efek Samping Tretinoin Topikal

Sama sperti obat-obatan lainnya, tretinoin topikal juga berpotensi menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang dapat terjadi pada kulit setelah menggunakan obat ini adalah:

  • Kulit bengkak, memar, kering dan mengelupas.
  • Sensasi hangat atau tersengat pada kulit wajah.
  • Bertambahnya luka pada jerawat.
  • Meninggalkan bekas berwarna gelap atau terang pada wajah.
  • Jika efek samping tidak kunjung mereda, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Inilah seputar informasi mengenai obat tretinoin topikal. Mulai dari manfaat Tretinoin Topikal hingga efek samping dari obat ini. Baca juga seputar tips perawatan wajah seperti Penyebab Mata Panda atau Melasma Adalah.

Leave a Reply