Sunscreen: Perisai Kulitmu, Pakai di Urutan Tepat!

Eva Mulia Clinic – Sunscreen – Pernahkah kamu merasakan kulitmu terbakar atau kusam setelah beraktivitas di luar ruangan? Hati-hati, itu bisa jadi tanda kulitmu tidak terlindungi dengan baik dari sinar matahari! Sinar matahari, terutama sinar UV, memang membawa banyak manfaat bagi tubuh, seperti membantu pembentukan vitamin D. Namun, paparan sinar UV berlebihan dapat berakibat buruk bagi kesehatan kulit, seperti penuaan dini, keriput, flek hitam, bahkan kanker kulit.

Oleh karena itu, penting banget untuk selalu menggunakan sunscreen setiap hari, bahkan di hari mendung. Sunscreen adalah produk yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Tapi, tahukah kamu bahwa urutan pemakaian sunscreen itu penting? Memakai sunscreen di urutan yang tepat akan memaksimalkan efektivitasnya dalam melindungi kulitmu.

Urutan Pemakaian Sunscreen yang Tepat

Apakah boleh hanya menggunakan sunscreen tanpa pelembab? Temukan jawabannya dan cara terbaik untuk menjaga kulit Anda tetap sehat dalam artikel ini!

Berikut urutan pemakaian sunscreen yang tepat:

1. Bersihkan wajah

Langkah pertama adalah membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pastikan wajahmu bersih dari kotoran, minyak, dan makeup sebelum memakai sunscreen. Gunakan sabun cuci muka yang lembut dan tidak mengandung bahan-bahan yang keras agar tidak membuat kulitmu kering atau iritasi.

2. Gunakan toner

Toner membantu menyeimbangkan pH kulit dan mempersiapkan kulit untuk menerima produk skincare selanjutnya. Gunakan toner yang bebas alkohol dan mengandung bahan-bahan yang menenangkan seperti lidah buaya atau witch hazel.

3. Aplikasikan serum

Serum mengandung bahan-bahan aktif yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, flek hitam, atau penuaan dini. Gunakan serum yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

4. Gunakan pelembap

Pelembap membantu menjaga kelembapan kulit agar tidak kering dan kusam. Pilihlah pelembap yang non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori.

Baca Juga:  Cara yang Tepat Melakukan Reapply Sunscreen: Menjaga Kulit dari Bahaya Sinar UV

5. Oleskan sunscreen

Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan spektrum luas (broad spectrum) yang melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Pilihlah sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu. Untuk kulit kering, pilihlah sunscreen yang mengandung bahan-bahan yang melembapkan seperti hyaluronic acid atau glycerin. Untuk kulit berminyak, pilihlah sunscreen yang berbasis air dan bebas minyak.

Oleskan sunscreen secara merata ke seluruh wajah dan leher, termasuk area yang sering terlupakan seperti telinga, bibir, dan bawah mata. Gunakan sekitar 2 sendok teh sunscreen untuk seluruh wajah dan leher.

Tunggu 15-20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

6. Reapply sunscreen

Sunscreen perlu diaplikasikan kembali setiap 2-3 jam, terutama setelah berkeringat, berenang, atau beraktivitas di luar ruangan yang panas.

Tips Memakai Sunscreen

  • Pilihlah sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu.
  • Gunakan sunscreen dalam jumlah yang cukup.
  • Oleskan sunscreen secara merata.
  • Reapply sunscreen secara rutin.
  • Gunakan sunscreen meskipun cuaca mendung.
  • Simpan sunscreen di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari.

Kesimpulan

Memakai sunscreen adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit. Dengan memakai sunscreen di urutan yang tepat dan secara rutin, kamu dapat melindungi kulitmu dari paparan sinar UV dan mencegah berbagai masalah kulit.

Ingatlah, kunci utama kulit sehat adalah dengan selalu menggunakan sunscreen!