Serum atau Sunscreen Dulu? Ini Urutan yang Benar

Eva Mulia Clinic РSerum atau Sunscreen Dulu РMemulai rutinitas perawatan kulit bisa terasa membingungkan, terutama ketika dihadapkan dengan berbagai produk yang memiliki klaim luar biasa. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah: Apakah kamu harus memakai serum dulu atau sunscreen? Mari kita telusuri urutan yang benar dan alasan di baliknya.

Serum atau Sunscreen Dulu?

Ketika kamu mulai merawat kulit, langkah pertama adalah memahami fungsi dari setiap produk. Serum adalah produk perawatan kulit yang biasanya memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi dibandingkan produk lainnya. Fungsinya bisa beragam, mulai dari hidrasi, mencerahkan kulit, hingga mengatasi jerawat. Di sisi lain, sunscreen adalah pelindung kulit dari sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang, termasuk penuaan dini dan kanker kulit.

Dalam urutan perawatan kulit, serum biasanya digunakan setelah pembersihan dan sebelum pelembap. Kenapa? Karena serum memiliki molekul yang lebih kecil dan diformulasikan untuk menembus lebih dalam ke dalam kulit. Dengan demikian, manfaat serum dapat lebih efektif jika diaplikasikan pada kulit yang bersih dan belum tertutup oleh produk lain. Setelah serum, kamu bisa menggunakan pelembap untuk mengunci kelembapan dan meningkatkan efek dari serum.

Namun, yang seringkali menjadi pertanyaan adalah, kapan sebaiknya sunscreen digunakan? Sunscreen sebaiknya diaplikasikan sebagai langkah terakhir dalam rutinitas pagi harimu. Ini berarti setelah serum dan pelembap, baru kamu menggunakan sunscreen. Sunscreen bekerja sebagai pelindung fisik atau kimiawi yang memblokir atau menyerap sinar UV, sehingga sangat penting untuk diaplikasikan paling akhir agar dapat membentuk lapisan pelindung di atas kulit.

Mengapa Urutan Penggunaan Penting?

Mengapa urutan penggunaan produk sangat penting dalam rutinitas perawatan kulit? Alasan utamanya adalah efektivitas. Setiap produk dalam rutinitas skincare memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda-beda. Jika digunakan dengan urutan yang salah, kamu mungkin tidak akan mendapatkan manfaat maksimal dari setiap produk. Sebagai contoh, jika kamu menggunakan sunscreen sebelum serum, sunscreen akan membentuk lapisan di atas kulit yang dapat mencegah serum menembus ke dalam kulit. Ini membuat serum menjadi kurang efektif.

Baca Juga:  Tips Hilangkan Bekas Jerawat yang Membandel

Selain itu, menggunakan produk dengan urutan yang benar juga dapat mencegah iritasi dan masalah kulit lainnya. Serum yang diaplikasikan pada kulit bersih dapat bekerja lebih baik tanpa ada hambatan dari produk lainnya, sedangkan sunscreen yang diaplikasikan terakhir memastikan kulit terlindungi secara optimal dari sinar UV.

Urutan yang benar juga membantu dalam membentuk kebiasaan perawatan kulit yang konsisten. Dengan mengikuti rutinitas yang benar, kamu akan lebih mudah melihat hasil yang diinginkan dan menghindari kebingungan dalam proses perawatan kulit. Ini juga membuat rutinitasmu lebih terstruktur dan teratur, memberikan kamu kesempatan untuk mengevaluasi produk mana yang benar-benar bekerja untuk kulitmu.

Tips Praktis dalam Penggunaan Serum dan Sunscreen

Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa tips praktis dalam menggunakan serum dan sunscreen. Pertama, pastikan kulitmu bersih sebelum mengaplikasikan serum. Cuci wajah dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu, lalu keringkan dengan lembut menggunakan handuk bersih. Kedua, ambil beberapa tetes serum dan aplikasikan secara merata ke seluruh wajah. Pijat lembut agar serum meresap lebih baik. Tunggu beberapa menit hingga serum benar-benar terserap sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Ketiga, aplikasikan pelembap sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Pelembap akan membantu mengunci kelembapan dan memaksimalkan manfaat serum yang telah diaplikasikan sebelumnya. Terakhir, gunakan sunscreen dengan SPF yang sesuai dengan aktivitasmu sehari-hari. Oleskan secara merata ke seluruh wajah dan leher. Ingat, sunscreen harus diaplikasikan ulang setiap dua jam jika kamu beraktivitas di luar ruangan untuk menjaga perlindungan maksimal.

Mengikuti langkah-langkah ini akan memastikan kulitmu mendapatkan manfaat terbaik dari setiap produk yang kamu gunakan. Selain itu, kulit akan terlindungi dengan baik dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Ini adalah investasi jangka panjang untuk kulit yang sehat dan bercahaya.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Mudah

Kesimpulan

Merawat kulit membutuhkan kesabaran dan konsistensi, terutama dalam mengikuti urutan penggunaan produk yang benar. Memulai dengan serum sebelum sunscreen adalah langkah yang tepat untuk memastikan kamu mendapatkan manfaat maksimal dari kedua produk tersebut. Serum akan memberikan perawatan mendalam yang dibutuhkan kulit, sementara sunscreen melindungi dari kerusakan eksternal yang disebabkan oleh sinar UV.

Ingat, setiap langkah dalam rutinitas perawatan kulit memiliki tujuan spesifik, dan mengikuti urutan yang benar akan membantu kamu mencapai hasil yang diinginkan. Dengan memahami pentingnya urutan ini, kamu dapat membangun rutinitas perawatan kulit yang efektif dan melihat perbaikan yang nyata pada kulitmu.