Eva Mulia - Perawatan Wajah - Merawat Kulit Sensitif - Kulit sensitif adalah sebuah istilah untuk menggambarkan kondisi kulit yang mudah mengalami iritasi atau permasalahan yang dipicu dari berbgai hal, seperti udara atau bahan kimia hingga produk perawatan wajah. Perlu ekstra hati-hati dalam merawat kulit sensitif.

Tips Merawat Kulit Sensitif

Eva Mulia Perawatan Wajah Merawat Kulit Sensitif Kulit sensitif adalah sebuah istilah untuk menggambarkan kondisi kulit yang mudah mengalami iritasi atau permasalahan yang dipicu dari berbgai hal, seperti udara atau bahan kimia hingga produk perawatan wajah. Perlu ekstra hati-hati dalam merawat kulit sensitif.

Orang yang memiliki kulit sensitif sering kali merasakan keluhan pada kulit seperti gatal, ruam, kering hingga rasa terbakar atau perih pada kulit. Masalah seperti keluhan ini umumnya muncul setelah kulit terpapar zat tertntu atau udara hingga penggunaan produk kecantikan atau skincare.

Penyebab munculnya kulit sensitif biasanya disebabkan beberapa faktor, seperti:

  • Gangguan kulit, seperti eksim, rosacea, dan dermatitis kontak.
  • Polusi, seperti debu dan asap kendaraan.
  • Faktor lingkungan, seperti paparan sinar matahari dan suhu dingin atau panas.
  • Sering mengganti produk kosmetik atau produk perawatan kulit.
  • Perubahan hormon, seperti menjelang menstruasi dan menopause.
  • Efek samping obat-obatan tertentu.
  • Stres dan cemas berlebihan.

Merawat Kulit Sensitif

Eva Mulia - Perawatan Wajah - Merawat Kulit Sensitif - Kulit sensitif adalah sebuah istilah untuk menggambarkan kondisi kulit yang mudah mengalami iritasi atau permasalahan yang dipicu dari berbgai hal, seperti udara atau bahan kimia hingga produk perawatan wajah. Perlu ekstra hati-hati dalam merawat kulit sensitif.

Menjauhi bahan iritatif

Karena mudah mengalami reaksi, memiliki kulit sensitif perlu menghindari penggunaan produk yang mengandung bahan iritatif, seperti antibakteri, deterjen, benzoil peroksida, sulfur (belerang), glycolic acid, alkohol, dan retinoid. Usahakan hindari bagi pemiliki kulit sensitif.

Sering menggunakan pelembap

Kulit sensitif rentan menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk mengatasi kulit kering, rajin-rajinlah mengoleskan pelembap setelah mandi. Umumnya, pelembap yang mengandung petrolatum, minyak mineral, asam linoleat, dimethicone, atau gliserin aman untuk kulit sensitif.

Selain itu, kalian juga bisa memilih pelembap dengan kandungan pseudo-ceramide di dalamnya. Nutrisi ini telah terbukti secara klinis dapat menambah dan menjaga kelembapan kulit tubuh. Selain itu, pseudo-ceramide terbukti meredakan gatal dan kemerahan pada kulit sensitif.

Pilih produk yang ramah kulit

Pemilik kulit sensitif perlu lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit. Gunakanlah produk khusus untuk kulit sensitif yang umumnya mengandung sedikit bahan kimia, lembut di kulit, dan tanpa wewangian. Biasanya produk ini berlabel “hypoallergenicā€¯.

Perhatikan waktu mandi

Mandi terlalu lama membuat kulit mudah rusak. Karena itu, orang yang kulitnya sensitif perlu memberi batas waktu mandi, cukup selama 10 atau 15 menit saja. Selain itu, dianjurkan mandi dengan sabun untuk kulit sensitif dan tidak menggunakan air yang bersuhu terlalu dingin atau panas.

Kalian bisa melakukan konsultasi pada dokter atau klinik kecantikan untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk kulit sensitif. BIasanya kalian juga akan mendapatkan jenis perawatan hingga produk kecantikan sesuai jenis kulit yang sensitif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *