Daily Skincare Routine untuk Kulit Bruntusan, Sebaiknya Pakai Apa Saja?

Eva Mulia Clinic – Daily Skincare Routine untuk Kulit Bruntusan – Bruntusan adalah concern umum bagi kulit perempuan Indonesia. Untuk mengatasi bruntusan yang dapat menyebabkan masalah serius, disarankan untuk menggunakan skincare routine yang tepat. Skincare routine ini dapat membantu dalam menjaga penampilan dan aktivitas sehari-hari. Dalam artikel ini, kami akan membahas skincare routine yang tepat untuk mengatasi bruntusan.

Apa Itu Kulit Bruntusan?

Kulit bruntusan adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya jerawat, bintik-bintik merah, dan bekas jerawat yang tidak segera hilang. Bruntusan sering diakibatkan oleh kombinasi faktor seperti produksi minyak berlebih, kuman, dan keradangan. Beberapa faktor lain yang dapat memicu bruntusan meliputi perubahan hormon, konsumsi makanan tertentu, dan stres.

Apa Perbedaan Bruntusan dan Jerawat

Bruntusan dan jerawat adalah kondisi kulit yang berbeda, meskipun keduanya sering dianggap sebagai sinonim. Jerawat adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya lesi pada kulit, seperti bintik merah atau kemerahan, yang disebabkan oleh pembesaran kelenjar minyak dan pembentukan komedo. Sedangkan bruntusan adalah kondisi kulit yang lebih luas yang meliputi beberapa jenis masalah kulit seperti jerawat, bintik hitam, bintik merah, keriput dan lain-lain yang berkaitan dengan produksi minyak berlebih, kuman, keradangan, dan faktor lain yang bisa memicu kerusakan pada kulit.

Apa Penyebab Bruntusan?

  • Penyebab utama dari bruntusan adalah produksi minyak berlebih oleh kelenjar minyak di kulit. Minyak ini dapat menyumbat pori-pori, yang kemudian menyebabkan pertumbuhan bakteri dan peradangan. Beberapa faktor lain yang dapat memicu bruntusan meliputi:
  • Perubahan hormon: Peningkatan produksi hormon androgen selama pubertas, menstruasi, atau kehamilan dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di kulit.
  • Konsumsi makanan tertentu: Makanan yang kaya lemak, gula, atau karbohidrat dapat meningkatkan produksi minyak di kulit dan memicu bruntusan.
  • Stres: Stres dapat meningkatkan produksi hormon yang dapat memicu peningkatan produksi minyak di kulit dan menyebabkan peradangan.
  • Cuaca: Kelembapan tinggi atau suhu panas dapat meningkatkan produksi minyak di kulit dan memicu bruntusan.
  • Komedo: Komedo adalah kumpulan minyak dan kulit mati yang terperangkap di pori-pori, yang dapat menyebabkan peradangan dan munculnya jerawat.
  • Kosmetik: Beberapa jenis kosmetik yang mengandung minyak atau pewangi dapat menyumbat pori-pori dan memicu bruntusan.
  • Alat kontrasepsi hormonal: Alat kontrasepsi hormonal dapat meningkatkan produksi hormon yang dapat memicu peningkatan produksi minyak di kulit dan menyebabkan bruntusan.
Baca Juga:  Apa Manfaat Skin Booster Selain Meremajakan Kulit Wajah?

Itu adalah beberapa penyebab yang dapat memicu bruntusan, tetapi penyebab pasti dapat bervariasi dari satu individu ke individu lain.

Bagaimana Cara Mengatasi Bruntusan di Wajah?

Untuk mengatasi bruntusan di wajah, beberapa cara yang dapat dilakukan adalah:

  • Bersihkan wajah secara teratur: Pastikan untuk membersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan malam hari, dengan sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.
  • Gunakan produk yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide: Kedua bahan ini dapat membantu dalam mengurangi produksi minyak dan membunuh bakteri yang menyebabkan bruntusan.
  • Hindari menyentuh wajah Anda: Sentuhan yang berulang-ulang dapat menyebabkan peningkatan peradangan dan munculnya jerawat.
  • Gunakan tabir surya: Tabir surya dapat membantu dalam mencegah pembentukan bintik hitam dan memperlambat proses penuaan dini.
  • Gunakan produk yang mengandung retinoid: Retinoid dapat membantu dalam mengurangi produksi minyak dan memperbaiki tekstur kulit.
  • Konsumsi makanan sehat: Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit.
  • Hindari merokok dan minum alkohol: Merokok dan minum alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan memperburuk kondisi bruntusan.
  • Berolahraga secara teratur: Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu dalam menjaga kesehatan kulit.
  • Cobalah untuk mengatur stres: Mencoba untuk mengatur stres dengan cara yang sesuai seperti yoga, meditasi, atau senam dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit.
  • Periksa ke dokter atau dermatologi: Jika metode-metode diatas tidak efektif, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau dermatologi untuk mendapatkan saran dan terapi yang tepat.

Daily Skincare Routine untuk Kulit Bruntusan, Sebaiknya Pakai Apa Saja?

Untuk rutinitas perawatan kulit yang berjerawat atau bruntusan, disarankan untuk menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, dan tea tree oil. Produk ini dapat membantu mengurangi produksi minyak, menghilangkan kotoran dan sel kulit mati, serta mengurangi peradangan.

Baca Juga:  Apa itu Laser Rejuvenation Treatment? Apakah Menimbulkan Efek Samping?

Langkah-langkah yang disarankan dalam rutinitas perawatan kulit bruntusan adalah:

Bersihkan wajah dengan sabun wajah yang sesuai untuk kulit berjerawat.

sangat penting untuk menggunakan sabun wajah yang sesuai untuk kulit berjerawat. Sabun wajah yang cocok untuk kulit berjerawat biasanya mengandung bahan-bahan seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, atau tea tree oil yang dapat membantu mengurangi produksi minyak dan peradangan.

Juga penting untuk memilih sabun yang cocok dengan jenis kulit Anda, sabun yang terlalu kering atau terlalu berminyak dapat menyebabkan iritasi.

Gunakan toner untuk menyegarkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Toner dapat membantu menyegarkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Toners yang mengandung bahan-bahan seperti alpha hydroxy acids (AHA) dan beta hydroxy acids (BHA) dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak. Toner juga dapat membantu mengangkat sisa-sisa make up, kotoran dan minyak yang tidak terhapus oleh sabun wajah.

Jangan lupa untuk mencari toner yang cocok dengan jenis kulit Anda dan hindari menggunakan toner yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif. Juga, pastikan untuk menghindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor dan menjaga kulit tetap bersih dan segar.

Aplikasikan produk yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, atau tea tree oil untuk mengurangi peradangan dan produksi minyak.

produk yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, atau tea tree oil dapat membantu mengurangi peradangan dan produksi minyak pada kulit yang berjerawat atau bruntusan.

  • Salicylic acid adalah bahan yang dapat membantu mengelupas sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori, sehingga dapat membantu mengurangi jerawat dan bruntusan.
  • Benzoyl peroxide adalah bahan yang dapat membunuh bakteri pada kulit yang menyebabkan jerawat dan bruntusan.
  • Tea tree oil memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi bakteri pada kulit.
Baca Juga:  Apa yang Dimaksud dengan Filler?

Pastikan untuk mencari produk yang cocok dengan jenis kulit Anda dan hindari menggunakan produk yang terlalu kering atau terlalu berminyak. Jika Anda merasa iritasi atau efek samping lainnya setelah menggunakan produk tersebut, sebaiknya hentikan penggunaan dan berkonsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan yang berpengalaman.

Aplikasikan moisturizer untuk melembabkan kulit tanpa menambah produksi minyak.

moisturizer dapat membantu melembabkan kulit tanpa menambah produksi minyak. Pada kulit yang berjerawat atau bruntusan, sangat penting untuk menggunakan moisturizer yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori.

Cari moisturizer yang mengandung bahan seperti hyaluronic acid atau glycerin yang dapat membantu melembabkan kulit tanpa menambah produksi minyak. Juga, pastikan untuk mencari moisturizer yang cocok dengan jenis kulit Anda dan hindari menggunakan moisturizer yang mengandung minyak atau alkohol yang dapat menyumbat pori-pori.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat mencoba menggunakan moisturizer gel atau lotion yang ringan dan tidak berminyak, karena jenis ini cenderung lebih cocok untuk kulit berjerawat atau bruntusan. Selain itu, jangan lupa untuk menghindari mengutak-atik jerawat atau bruntusan karena dapat menyebabkan peradangan dan infeksi.

Jangan lupa untuk menjaga kulit tetap bersih dan segar dengan rutin membersihkan wajah, dan jangan lupa untuk menghindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.

Sebaiknya hindari menggunakan produk yang mengandung minyak dan alkohol jika kulit Anda mudah berjerawat atau bruntusan. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan wajah dengan rutin mencuci wajah dan menghindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Juga, pastikan untuk menghindari mengutak-atik jerawat atau bruntusan karena dapat menyebabkan peradangan dan infeksi.