image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

blue light therapy

Benarkah Tren Perawatan Blue Light Therapy Efektif untuk Atasi Masalah Jerawat?

Tidak bisa dipungkiri, munculnya jerawat pada kulit wajah memang bisa membuat kaum hawa merasa kesal. Untuk menghilangkannya, sebagian besar wanita lebih memilih untuk menggunakan acne spot treatment. Meskipun begitu, tak sedikit yang memilih untuk melakukan treatment di klinik kecantikan. Saat ini, ada berbagai macam treatment khusus untuk menghilangkan jerawat. Mulai dari IPL, facial, hingga Blue Light Therapy yang kini marak diperbincangkan. Tetapi sebelum Anda memutuskan untuk mencobanya, yuk kenali dulu Blue Light Therapy dibawah ini.

Blue Light Therapy atau terapi sinar biru adalah salah satu cara untuk menangani jerawat yang kini tengah populer di kalangan wanita. Cara ini dianggap efektif dalam mengendalikan pertumbuhanjerawat dengan aman dan minim risiko. Pada dasarnya, terapi ini melibatkan penggunaan sinar atau cahaya biru dari sebuah alat yang nantinya akan diaplikasikan langsung ke beberapa area kulit dalam kurun waktu tertentu. Meski belum terlalu dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia, namun Blue Light Therapy rupanya sudah digunakan di berbagai negara.

Cara Kerja Blue Light Therapy 

blue light therapy

Proses menggunakan treatment ini terbilang mudah dan cepat. Pasien nantinya dapat memilih posisi duduk atau tidur telentang selama proses penyinaran.  Setelah itu, alat yang memancarkan sinar biru akan diletakkan di dekat wajah selama kurang lebih 20 – 30 menit. Blue Light Therapy bisa dilakukan sebanyak satu kali dalam seminggu hingga hasil yang diinginkan tercapai. Alat yang digunakan akan memancarkan gelombang biru dengan kisaran panjang mencapai 405-420 nm untuk membunuh propionobacterium acnes yang ada di kulit wajah. Treatment yang sudah disetujui oleh FDA sebagai pengobatan kulit ini kabarnya juga dipercaya ampuh untuk mengurangi peradangan sekaligus memudarkan bekas jerawat.

Efek Samping dari Blue Light Therapy

Selain memiliki manfaat, Blue Light Therapy ternyata punya efek sampingnya lho. Hal ini tentunya sangat wajar, mengingat berbagai treatment lainnya juga mempunyai efek samping.  Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, efek samping yang ditimbulkan dari treatment ini hanyalah kulit wajah yang tampak kering. Tetapi, Anda harus tau bahwa  efek samping ini terjadi karena adanya perubahan pigmen yang hanya bersifat sementara.Untuk mengatasi efek samping yang terjadi, Anda bisa rutin mengoleskan pelembap setiap kali kulit merasa kering. Selain itu, selalu siap sedia face mist juga bisa menjadi alternatif untuk melembapkan kulit secara mudah dan praktis.

Bagi yang tertarik melakukan treatment ini, Anda dianjurkan untuk menjalani Blue Light Therapy satu kali setiap dua pekan. Namun, anjuran waktu perawatan ini sebenarnya bergantung pada tingkat keparahan jerawat yang dialami masing-masing orang. Jika jerawat yang Anda alami masih tergolong ringan, tiga kali melakukan perawatan saja sudah cukup untuk melihat hasil perbedaannya. Tapi, bila kondisi jerawat Anda cukup parah, dibutuhnya lebih dari lima kali treatment untuk membuatnya benar-benar memudar.

Baca juga: Manfaat Tersembunyi dari Jambu Biji yang Perlu Diketahui

Leave a Reply