Berjemur di Sore Hari, Apakah Bermanfaat?

Eva Mulia Clinic – Berjemur di Sore HariĀ – Berjemur di bawah sinar matahari telah lama dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, banyak yang masih bertanya-tanya apakah berjemur di sore hari sama bermanfaatnya dengan berjemur di pagi hari. Kamu mungkin pernah mendengar berbagai pandangan tentang waktu terbaik untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari. Ada yang bilang pagi hari lebih baik, sementara yang lain berpendapat sore hari juga tak kalah baik. Jadi, mana yang benar?

Sinar matahari memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan produksi vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Namun, terlalu banyak terpapar sinar UV bisa berbahaya dan meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karena itu, penting untuk memahami kapan waktu yang tepat untuk berjemur dan berapa lama kita bisa melakukannya dengan aman.

Artikel ini akan membahas secara mendalam manfaat berjemur di sore hari, potensi risikonya, dan tips aman untuk menikmati sinar matahari sore. Dengan informasi ini, kamu bisa membuat keputusan yang tepat tentang kapan dan bagaimana cara terbaik untuk menikmati matahari tanpa mengorbankan kesehatan.

Manfaat Berjemur di Sore Hari

1. Produksi Vitamin D

Salah satu manfaat utama dari berjemur adalah produksi vitamin D. Sinar UVB dari matahari membantu kulit memproduksi vitamin D yang esensial untuk kesehatan tulang, otot, dan sistem kekebalan tubuh. Berjemur di sore hari bisa tetap membantu dalam proses ini meskipun intensitas sinar UVB lebih rendah dibandingkan pagi hari. Namun, tetap ada cukup sinar UVB untuk memicu produksi vitamin D selama kamu tidak berjemur terlalu dekat dengan waktu matahari terbenam.

2. Mengurangi Risiko Terbakar Matahari

Berjemur di pagi hari biasanya direkomendasikan karena sinar matahari tidak terlalu kuat. Namun, berjemur di sore hari, terutama setelah jam 3 sore, juga bisa bermanfaat karena intensitas sinar UV berkurang, sehingga mengurangi risiko terbakar matahari. Ini penting bagi kamu yang memiliki kulit sensitif atau yang khawatir tentang risiko kanker kulit akibat paparan sinar UV yang berlebihan.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Kulit yang Tidak Cocok dengan Skincare

3. Meningkatkan Suasana Hati

Paparan sinar matahari diketahui dapat meningkatkan produksi serotonin, hormon yang berperan dalam mengatur suasana hati. Berjemur di sore hari bisa menjadi cara yang baik untuk mengurangi stres dan meningkatkan perasaan bahagia. Setelah seharian bekerja atau beraktivitas, menikmati sinar matahari sore bisa membantu kamu merasa lebih rileks dan tenang.

4. Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Berjemur di sore hari juga bisa menjadi momen yang baik untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Setelah seharian beraktivitas, menghabiskan waktu di luar ruangan dan terkena sinar matahari bisa membantu mengurangi kelelahan mental dan fisik. Ini juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk berolahraga ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda, yang tentunya semakin meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Potensi Risiko Berjemur di Sore Hari

Berjemur di Sore Hari, Apakah Bermanfaat?

1. Paparan UV yang Tetap Ada

Meski intensitas sinar UV berkurang di sore hari, tetap ada risiko paparan sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Penting untuk tetap menggunakan pelindung seperti tabir surya, pakaian pelindung, dan topi untuk mengurangi risiko ini. Paparan sinar UV yang berlebihan masih bisa meningkatkan risiko penuaan dini dan kanker kulit.

2. Waktu yang Terbatas

Berjemur di sore hari mungkin memiliki waktu yang lebih terbatas dibandingkan pagi hari. Ini karena matahari akan segera terbenam, mengurangi waktu kamu untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari. Namun, selama kamu bijak dalam memanfaatkan waktu yang ada, kamu tetap bisa mendapatkan manfaat yang diinginkan.

3. Kurangnya Intensitas Sinar UVB

Karena sinar UVB lebih rendah di sore hari, produksi vitamin D mungkin tidak seoptimal jika kamu berjemur di pagi hari. Ini bisa menjadi pertimbangan khususnya bagi mereka yang memiliki kebutuhan vitamin D yang lebih tinggi. Meski begitu, berjemur di sore hari tetap memberikan manfaat, terutama jika kamu melakukannya secara rutin dan dalam waktu yang cukup.

Baca Juga:  Waktu yang Tepat Facial Wajah untuk Kulit Sehat dan Bercahaya

Tips Aman Berjemur di Sore Hari

1. Gunakan Pelindung

Meskipun sinar matahari sore lebih lembut, penting untuk tetap menggunakan tabir surya dengan SPF yang sesuai untuk melindungi kulit dari paparan UV. Pilih tabir surya yang memberikan perlindungan broad-spectrum dan aplikasikan secara merata pada seluruh bagian tubuh yang akan terpapar sinar matahari.

2. Batasi Waktu Berjemur

Untuk menghindari risiko terbakar matahari dan paparan UV yang berlebihan, batasi waktu berjemur. Mulailah dengan 15-20 menit dan lihat bagaimana kulit kamu bereaksi. Jika kulit tidak menunjukkan tanda-tanda iritasi, kamu bisa menambah waktu secara bertahap, namun tetap perhatikan batas aman.

3. Pilih Waktu yang Tepat

Waktu yang ideal untuk berjemur di sore hari adalah setelah jam 3 sore hingga sebelum matahari terbenam. Pada rentang waktu ini, intensitas sinar UV lebih rendah, sehingga risiko kerusakan kulit juga berkurang. Selain itu, suhu udara biasanya lebih nyaman dibandingkan siang hari yang panas.

4. Perhatikan Asupan Cairan

Pastikan kamu tetap terhidrasi dengan baik saat berjemur. Paparan sinar matahari bisa menyebabkan dehidrasi, jadi minumlah air putih yang cukup sebelum, selama, dan setelah berjemur. Ini akan membantu menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah efek negatif dari dehidrasi.

5. Kombinasikan dengan Aktivitas Lain

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, kombinasikan waktu berjemur dengan aktivitas lain seperti olahraga ringan atau meditasi. Ini tidak hanya akan membuat waktu berjemur lebih menyenangkan, tapi juga meningkatkan kesehatan fisik dan mental kamu secara keseluruhan.

Kesimpulan

Berjemur di sore hari memiliki banyak manfaat, terutama dalam meningkatkan produksi vitamin D, mengurangi risiko terbakar matahari, dan meningkatkan suasana hati. Meskipun ada beberapa risiko yang perlu diperhatikan, dengan langkah-langkah yang tepat, kamu bisa menikmati sinar matahari sore dengan aman dan mendapatkan manfaat yang maksimal.

Baca Juga:  Solusi Atasi Pori Pori Wajah Terbuka dalam Routine Skincare Harian

Selalu ingat untuk menggunakan pelindung, membatasi waktu berjemur, dan memilih waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat optimal dari sinar matahari tanpa merusak kesehatan kulit. Dengan begitu, kamu bisa merasakan manfaat berjemur di sore hari sambil tetap menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Artikel ini tidak mengandung rekomendasi produk dan menyediakan informasi asli serta tips aman untuk berjemur di sore hari. Semoga bermanfaat!