image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

klinik eva mulia - sebum adalah

Apa itu Sebum? Mengapa Kulit Kita Membutuhkannya?

evamuliaclinic – Mungkin sebagian dari Anda pasti pernah membaca atau mendengar seputar perawatan kulit. Ya, nama sebum mungkin sudah tidak asing lagi didengar. Sebum bisa dengan mudah Anda temukan dalam deskripsi berbagai produk perawatan kulit, salah satunya skin care yang ditujukan untuk pemilik kulit berminyak. Hal ini berkaitan karena sebum adalah minyak yang diproduksi oleh wajah. Tapi, apakah Anda sudah tahu apa fungsi sebum untuk kulit dan apa yang membuat produksi sebum meningkat? Untuk mengenal lebih jauh tentang sebum, yuk simak ulasan berikut ini!

Proses Sebum Diproduksi

Sebum diproduksi oleh sebaceous glands, atau kelenjar minyak, Lalu dikeluarkan melalui folikel atau pori-pori kemudian mengalir kepermukaan kulit. Nah keluarnya minyak ini berperan untuk melapisi kulit dan membuat kulit terasa lebih lembut. Komponennya sendiri terdiri dari triglycerides, free fatty acids, wax esters, squalene, cholesterol esters, dan kolesterol. Jika kulit Anda tidak memiliki sebum pasti akan terasa kering, kaku, dan pecah-pecah.

Sebum Menyebabkan Jerawat

Meskipun kehadiran sebum memicu jerawat dan komedo. Tetapi sebum mempunyai peran lain untuk kulit dan bekerja sebagai pelindung kulit dari bakteri. Mungkin sekarang Anda bertanya, jika sebum memiliki banyak manfaat, lalu kenapa sebum diklaim sebagai penyebab jerawat? Ini tergantung dari jumlah yang diproduksi. Ketika produksinya terlalu banyak, sebum akan menyumbat pori-pori dan menyatu dengan berbagai macam kotoran. Jika dibiarkan terus menerus, akhirnya timbul jerawat.

Meningkatnya produksi sebum bisa juga dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari hormon (inilah kenapa saat pubertas, dimana hormon bekerja lebih aktif, identik dengan jerawat), kondisi kesehatan, serta konsumsi beberapa jenis obat-obatan tertentu. Namun, tenang saja, karena produk sebum akan semakin menurun sejak Anda berusia 20 tahun. Sebaliknya, tubuh Anda juga bisa memproduksi sebum yang terlalu sedikit. Saat produksi sebum terlalu sedikit, kulit pun akan jadi kering, bahkan mungkin memerah dan mengelupas. Penyebab menurunnya produksi sebum bisa meliputi penggunaan skin careyang kurang sesuai, over-exfoliating, cuaca, dan berbagai faktor lainnya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Membandel yang Tidak Kunjung Sembuh

Leave a Reply